Kompas TV religi beranda islami

Berdoa di Bulan Ramadhan - SAHUR TIME

Kompas.tv - 28 April 2021, 03:34 WIB
Penulis : Luthfan

Memasuki bulan Ramadhan adalah suatu keistimewaan dan kenikmatan yang besar bagi umat Islam. Kesempatan emas di Bulan Ramadhan dapat dimanfaatkan bagi seorang Muslim untuk berlomba-lomba meraih berkah sebanyak-banyaknya.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).

Pertanyaan dalam ayat di atas dituju kepada Nabi Muhammad dan yang dimaksud dengan “hamba-hamba-Ku” adalah yang beriman. Lalu, “bertanya tentang Aku” yaitu apakah Allah itu dekat atau jauh, maka katakanlah Allah itu dekat dengan ilmu-Nya, Allah mudah mengabulkan dan mendengar setiap doa hamba-Nya.

“Maka penuhilah segala perintah-Ku” artinya jika kita taat dan patuh kepada Allah, maka Allah akan membalas dan memberikan ganjaran. Sementara, dalam bulan Ramadhan ada malam khusus yang dinamakan malam Lailatul Qadar.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 1-5).

Jangan sia-siakan waktu di bulan suci Ramadhan, karena bulan ini penuh dengan keberkahan. Doa di bulan Ramadhan, ibadah dan melakukan hal-hal baik lainnya akan dapat balasan atau ganjaran bagi manusia.

Wallahu'alam bis shawab.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.