Kompas TV video cerita indonesia

Masjid di Atas Awan, Masjid Al Ikhlas Karangasem Tertinggi di Bali

Kompas.tv - 28 April 2021, 00:21 WIB
Penulis : Herwanto

BALI, KOMPAST.TV - Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat Masjid Al Ikhlas menjadi masjid tertinggi di Pulau Bali. Masjid yang berada di perbukitan ini kerap diselimuti kabut yang membuatnya mendapat julukan masjid di atas awan. Pesona masjid ini tak diragukan lagi.

Masjid yang berada di pegunungan Dusun Bukit Tabuan, Desa Bukit, Kabupaten Karangasem ini.  Setelah melewati tanjakan yang cukup menantang, tibalah di sebuah masjid yang menyimpan keindahan alam. Dari kejauhan, masjid yang memiliki luas total 2 hektare ini tampak sederhana menyerupai bentuk sebuah candi.

Masjid dibagun dengan konsep minimalis. Berada di ketinggian membuat masjid kerap diselimuti kabut khususnya pada musim hujan. Itulah yang membuat Masjid Al Ikhlas dikenal dengan sebutan masjid di atas awan. 

Dari pelataran masjid kita akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu hamparan laut dan Kota Amlapura. Akan lebih menakjubkan melihat kerlip lampu bila dikunjungi saat malam hari.  Ribuan Pemudik Serbu Pelabuhan Padangbai Bali Keindahan alam yang tampak dari pelataran masjid bahkan mengundang para remaja yang jauh-jauh datang dari luar daerah berkunjung ke masjid ini. 

Uniknya lagi, pada bagian belakang masjid disediakan satu tempat beristirahat yang dapat dimanfaatkan pengunjung. Dari tempat ini para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Gunung Agung dan hamparan kota di Karangasem.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x