Kompas TV nasional hukum

Bubuk Putih yang Ditemukan Saat Penggeledahan Bekas Markas FPI Ternyata Komponen Bahan Peledak

Selasa, 27 April 2021 | 21:50 WIB
bubuk-putih-yang-ditemukan-saat-penggeledahan-bekas-markas-fpi-ternyata-komponen-bahan-peledak
Polisi temukan bubuk putih dan cairan kimia mencurigakan saat penggeledahan bekas markas FPI di Petamburan, Selasa (27/4/2021). (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Cairan kimia dan bubuk putih yang disita tim Densus 88 antiteror saat penggeledahan bekas Markas FPI diduga komponen untuk membuat bahan peledak.

Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan cairan kimia dan bubuk putih tersebut mirip dengan barang bukti yang disita saat penangkapan dan penggeledahan terduga teroris di Condet, Jakarta Timur dan Bekasi beberapa waktu lalu.

Menurut Ramadhan barang bukti yang didapat di eks sekretariat FPI di Petamburan tersebut, yakni berupa tabung  berisi bubuk yang mengandung nitrat yang sangat tinggi jenis aseton dan cairan triaceton triperoxide (TATP).

Baca Juga: Penampakan Bubuk Putih yang Disita Densus 88 Saat Penggeledahan Bekas Markas FPI di Petamburan

“Aseton yang digunakan untuk bahan peledak mirip dengan yang ditemukan di Condet dan Bekasi, beberapa waktu yang lalu,” ujar Ahmad saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (27/4/2021).

Selain bubuk dan cairan kimia sebagai komponen bahan peledak, tim Densus 88 juga mengamankan atribut ormas terlarang serta beberapa dokumen terkait dengan terorisme.

Ramadhan menjelaskan saat ini barang bukti yang diamankan dalam penggeledahan sedang didalami oleh Densus 88 antiteror.

Adapun penggeledahan ini masih berkaitan dengan penangkapan bekas Sekretaris Umum FPI Munarman di kediamannya di Perumahan Bukit Modern, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Densus 88 Temukan Beberapa Kaleng Berisi Bubuk Putih di Bekas Markas FPI Petamburan

Munarman yang  juga pengacara Rizieq Shihab ini terkait dugaan tindak pidana terorisme. Ia juga diduga terlibat dalam pembaitan di UIN Jakarta, Medan dan juga Makassar. Munarman disebut berperan dalam membuat jaringan JAD dan ISIS di Indonesia.

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19