Kompas TV nasional kesehatan

Bolehkah Minum Alkohol Setelah Disuntik Vaksin? Begini Kata Ahli

Kompas.tv - 27 April 2021, 22:05 WIB
bolehkah-minum-alkohol-setelah-disuntik-vaksin-begini-kata-ahli
Ilustrasi alkohol (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca vaksinasi yang sudah dilakukan oleh sebagian rakyat Indonesia, muncul beberapa pertanyaan mengenai minum alkohol setelah disuntik vaksin.

Beberapa waktu lalu, pejabat kesehatan Rusia mengumumkan bahwa orang yang akan divaksin harus menghindari alkohol selama 14 hari dan 42 hari pasca vaksinasi.

Seperti yang kita tahu, efek samping alkohol apabila dikonsumsi dalam waktu yang panjang akan menyebabkan pelemahan sistem kekebalan tubuh.

Bisa jadi hal itu juga dapat berpotensi menggangu respon vaksin di tubuh.

Baca Juga: Persiapan Vaksinasi Gotong Royong, Bio Farma Tunggu Kiriman dari Berbagai Negara

Menurut direktur Pusat Penelitian Virus di Universitas California, Irvine, Ilhem Messaoudi, perlu waktu berminggu-minggu agar vaksin Covid-19 menghasilkan antibodi dalam tubuh.

Terkait penikmat minuman beralkohol, Ilhem mengatkan bahwa tidak ada resiko apabila dikonsumsi dalam ukuran yang sedang-sedang saja.

Namun Ilhem tetap mengimbau untuk waspada terhadap efek alkohol untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Perusahaan Korea Selatan akan Memproduksi Vaksin Novavax

"Tapi tetap waspada terhadap apa sebenarnya arti minum sedang. Berbahaya untuk meminum alkohol dalam jumlah besar karena efeknya pada semua sistem biologis, termasuk sistem kekebalan," ujar Ilhem dikutip dari nytimes.com, Selasa (27/4/2021).

Dalam hal ini Ilhem juga berpesan, pengonsumsian alkohol pasca vaksinasi tidak boleh lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan segelas sehari untuk wanita.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.