Kompas TV religi beranda islami

Jangan Bilang Ah Kepada Orang Tua

Kompas.tv - 27 April 2021, 19:40 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Di dalam surat Al Isra Allah Ta’ala berfirman,

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’: 23)

Dari ayat diatas kita bahkan dilarang berkata uff (ah) kepada orang tua kita sendiri. Kemudian apa maksud dari kalimat uff atau ah tersebut?

Imam Ibnu katsir rahimahullah berkata,

“Jangan berkata uff (ah), yang dimaksud adalah seringan-ringannya perkataan jelek.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 5:63)

Kemudian Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahullah menjelaskan yang dimaksud dengan ayat di atas,

“Janganlah berkata ah, jika kalian melihat sesuatu dari salah satu atau sebagian dari keduanya yang dapat menyakiti manusia. Akan tetapi, bersabarlah dari mereka berdua. Lalu raihlah pahala dengan bersabar pada mereka sebagaimana mereka bersabar merawatmu kala kecil.” (Tafsir Ath-Thabari, 15:82)

Sehingga kita mengerti bagaimana kita hendak menyakiti orang tua kita, sedangkan berkata uff (ah) saja termasuk dalam bentuk menyakiti perasaan orang tua yang termasuk dalam perbuatan durhaka (uquq walidain).

Naudzubillah Min Dzalik, Semoga Allah menjaga serta menjauhkan diri kita semua dari perbuatan buruk ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x