Kompas TV nasional wawancara

Kabinda Papua Gugur Ditembak KKB, Pengamat: Tanda BIN Serius Jaga Ketertiban Papua

Kompas.tv - 27 April 2021, 15:06 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rangkaian kekerasan terus berkecamuk di tanah Papua.

Paling mutakhir konflik dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) memakan korban gugurnya Kepala BIN Daerah Papua Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Jenazah Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, yang gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata di Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, hari Minggu (25/04/2021) lalu telah tiba di Balai Komando Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Hari ini (27/04/2021) jenazah rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto mengatakan, karakter almarhum adalah sosok yang selalu berada di garis depan dan tidak ingin hanya selalu di belakang meja, beliau memang petarung.

Pengamat Intelijen dan Pertahanan Susaningtyas Kertopati menyebut, upaya dari pemerintah dalam penanganan kasus di Papua sudah sangat banyak.

Seperti pendekatan pembangunan, ekonomi, berbagai pendekatan lain seperti budaya dan Lembaga adat sudah baik. Namun memang gerakan kriminal bersenjata masih ada.

Susaningtyas juga menyampaikan, gugurnya Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha menandakan BIN serius dalam melakukan operasi di untuk menjaga ketertiban, keamanan Papua sebagai wilayah NKRI dan tetap menjadi wilayah NKRI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x