Kompas TV nasional peristiwa

Kabinda Gugur Ditembak KST, Puan Maharani Minta Aparat Lindungi Warga

Kompas.tv - 27 April 2021, 11:20 WIB
kabinda-gugur-ditembak-kst-puan-maharani-minta-aparat-lindungi-warga
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sumber: Dok. DPR RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Putu I Gusti Putu Danny Nugraha akibat ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  atau yang disebut oleh BIN sebagai Kelompok Separatis dan Teroris (KST) 

Penembakan ini terjadi di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021).

“Duka mendalam atas gugurnya Kabinda Papua," kata Puan dikutip dari laman resmi DPR RI, Selasa (27/4/2021). 

Lebih lanjut, Puan meminta pemerintah, TNI dan Polri untuk terus melindungi masyarakat dan mengidentifikasi masalah secara utuh untuk mengetahui pemicu aktivitas KKB serta mencari solusi penuntasannya.

Baca Juga: Hormati Awak KRI Nanggala-402, Puan Maharani Minta Anggota DPR Kibarkan Bendera Setengah Tiang

"Koordinasi harus diperkuat, termasuk komunikasi dengan masyarakat untuk menyelesaikan konflik di sana dan semoga tidak berulang menimbulkan korban jiwa,” imbuhnya. 

Menurut Politikus PDIP ini, masalah KKB di Papua dapat diselesaikan dengan membangun komunikasi dan menangkan hati masyarakat setempat.

Ia yakin konflik  ini hanya bisa diselesaikan dengan dukungan besar dari masyarakat, dari saudara-saudara yang berada di sana.

Tak hanya itu, Puan juga meminta koordinasi harus dilakukan TNI-Polri bersama pemerintah daerah, pemuka agama hingga tokoh adat/masyarat.

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani Soal Hilangnya KRI Nanggala 402: Faktor Usia Kapal atau Sebab Lainnya?

Meski demikian, Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menegaskan penegakan hukum tetap harus dilaksanakan pada siapapun yang terbukti bersalah.

Terlebih jika terbukti melakukan tindak kekerasan bersenjata yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

“Lindungi keselamatan warga dari aksi KST, maka dari itu penegakan hukum jadi bagian penting untuk menyelesaikan masalah ini,” tegasnya. 

Lebih lanjut, menurut Puan masalah ini dapat selesai dengan pendekatan hukum dan keamanan yang harus dibarengi pendekatan kesejahteraan.

Baca Juga: Peringati Hari Bumi, Puan Maharani Adakan Acara Tanam Pohon di Kompleks DPR RI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x