Kompas TV nasional sapa indonesia

Penjelasan Ahli Hidrografi Soal Kemungkinan Evakuasi Jenazah dan Pengangkatan Badan KRI Nanggala 402

Senin, 26 April 2021 | 22:20 WIB

KOMPAS.TV - Setelah dinyatakan tenggelam, fokus saat ini adalah upaya pengangkatan badan kapal selam. 

Dari hasil sonar dan citra bawah air KRI Rigel dan ROV kapal MV Swift Rescue milik Singapura, ditemukan sejumlah bukti otentik keberadaan KRI Nanggala 402 di kedalaman 830- 850 meter di bawah permukaan laut. Terlihat KRI Nanggala 402 tenggelam menjadi 3 bagian.

TNI dan tim gabungan sudah menyiapkan dua skenario evakuasi KRI Nanggala 402. Pertama dengan metode diembus, dimana akan ada alat yang dipasang dan memasuka selang pada pipa yang terdapat di kapal selam Nanggala untuk kemudian diangkat naik.

Sedangkan skenario kedua, menggunakan Robot Milik MV Swift Rescue. Robot mini ini nantinya memasang peralatan sehingga KRI Nanggala 402 bisa diangkat.

TNI Angkatan Laut berencana untuk mengangkat badan kapal selam KRI Nanggala 402 yang berhasil ditemukan di kedalaman 838 meter, lewat bantuan International Submarine Escape & Rescue Liaison Office (ISMERLO).

Ahli Hidrografi, Wiwin Windupranata menyebutkan jika masalah evakuasi pengangkatan KRI Nanggala-402 di kedalaman 838 meter adalah tekanan. 

Tekanan hidrostatis air akan meningkat sebanyak 1 atm setiap kedalaman 10 meter. Artinya, jika tekanan di udara adalah 1 atm, tekanan di kedalaman 850 meter adalah 85 atm.

Sementara manusia hanya bisa bertahan pada tekanan sekitar 3 hingga 4 atm.

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa awak kapal selam KRI Nanggala-402 tidak dapat begitu saja keluar dari kapal selam.

Berenang di laut pada kedalaman 850 adalah hal yang tidak mungkin bagi manusia, rasanya mungkin akan sama seperti dinjak 100 ekor gajah di kepala.

Untuk itu, Indonesia membutuhkan bantuan ISMERLO guna mengangkat badan KRI Nanggala-402, namun untuk evakuasi jenazah sudah tidak mungkin lagi dilakukan.

Simak pembahasan selengkapnya bersama Pengamat Militer Andi Wijayanto, serta Ahli Pengelolaan Pesisir dan Perlindungan Bencana dari Kelompok Keilmuan Hidrografi Institut Teknologi Bandung, Wiwin Windupranata.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:55
UTUSAN KHUSUS PBB UNTUK DIALOG DAMAI DI YAMAN GAGAL MEDIASI PEMERINTAH & HOUTHI KARENA SUKAR DIAJAK DUDUK BERSAMA   BELUM ADA KEPASTIAN SOAL KE MANA SERGIO RAMOS AKAN BERLABUH SETELAH HENGKANG DARI REAL MADRID   BEK SERGIO RAMOS HENGKANG DARI REAL MADRID SETELAH BERSERAGAM LOS BLANCOS SELAMA 16 TAHUN   3 GOL TIMNAS ITALIA ATAS SWISS DIPERSEMBAHKAN OLEH MANUEL LOCATELLI DENGAN 2 GOL DAN CIRO IMMOBILE 1 GOL   TIMNAS ITALIA JADI TIM PERTAMA YANG LOLOS KE BABAK 16 BESAR EURO 2020 SETELAH MENCATATKAN KEMENANGAN 3-0 ATAS SWISS   BUPATI MALUKU TENGAH TUASIKAL ABUA PASTIKAN TIDAK ADA KORBAN JIWA AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   BPBD: 55 RUMAH WARGA DI MALUKU TENGAH RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN COVID-19 DI KOTA BANDUNG MENCAPAI 89,71%   PEMKOT SURAKARTA TARGETKAN 11.000 WARGA YANG BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS DISUNTIK VAKSIN COVID-19   PEMKOT SURAKARTA, JATENG, MULAI MENDATA WARGA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS UNTUK KEPERLUAN VAKSINASI COVID-19   RUSUN PASAR RUMPUT MANGGARAI DISIAPKAN SEBAGAI ISOMAN PASIEN COVID-19 ANTISIPASI JIKA GRAHA WISATA RAGUNAN PENUH   PEMKOT JAKSEL SIAPKAN RUSUN PASAR RUMPUT MANGGARAI SEBAGAI ISOMAN PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   TNI AU TAWARKAN LEMBAGA KESEHATAN PENERBANGAN & RUANG ANGKASA DR SARYANTO DI PANCORAN, JAKSEL, SEBAGAI TEMPAT ISOMAN   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR DI JAKSEL DITUTUP SEMENTARA HINGGA BESOK KARENA LURAH HIFZILLAH POSITIF COVID-19