Kompas TV bisnis bumn

Pertamina Kejar Pembangunan 1.000 Pertashop Hingga Akhir 2021

Senin, 26 April 2021 | 21:25 WIB
pertamina-kejar-pembangunan-1-000-pertashop-hingga-akhir-2021
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren Nurul Quran Karangpetir di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Sumber: Istimewa)

PURWOKERTO, KOMPAS.TV -  PT Pertamina (Persero) menargetkan pendirian 1.000 unit Pertashop hingga akhir 2021. Hal tersebut disampaikan melalui Marketing Operation Region IV Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sejauh ini, sebanyak 207 Pertashop telah dibangun untuk mendistribusikan bahan bakar minyak ke pelosok desa. Pendirian Pertashop di daerah-daerah mempertimbangan kondisi dan kelangsungan hidup Pertashop itu sendiri.

Hal tersebut disampikan oleh Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina (Persero) Brasto Galih Nugroho, dalam jumpa pers yang digelar secara virtual, dilansir dari Kompas.id, Senin (26/4/2021).

Brasto menyampaikan, target sebanyak 1.000 unit pertashop di daerah DIY-Jateng itu diupayakan untuk mendukung program pembangunan 10.000 Pertashop secara nasional.

“Total ada 10.000 Pertashop di Indonesia. Kami di DIY-Jateng mendukung program dari pusat itu,” jelasnya.

Pertashop adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu untuk melayani kebutuhan konsumen BBM nonsubsidi, elpiji nonsubsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya di lokasi tertentu. Sebagai langkah mempercepat perluasan Pertashop, Pertamina telah memiliki skema kemitraan dengan pengusaha untuk berinvestasi.

Baca Juga: Pertamina Sasar Pesantren Jadi Basis Distribusi BBM Lewat Pertashop

Syarat utama kemitraan adalah badan usaha seperti CV, PT, Koperasi, Usaha Dagang (UD), maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kami telah membuka peluang investasi bagi para pengusaha untuk mengelola SPBU mini atau Pertashop, yang tentu nilai investasinya lebih rendah dari SPBU regular,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyebutkan, dari 10.000 target secara nasional, kementerian mengalokasikan sebanyak 1.000 unit Pertashop dibangun di pondok pesantren di seluruh Indonesia. Diharapkan pondok pesantren kian mandiri dan distribusi bahan bakar minyak nonsubsidi bisa menjangkau seluruh pelosok nusantara.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19