Kompas TV bisnis ukm

Sekjen Kemenkumham Sebut UMKM dan Ekonomi Kreatif Lindungi Kekayaan Intelektual Karya Anak Bangsa

Kompas.tv - 26 April 2021, 20:06 WIB
sekjen-kemenkumham-sebut-umkm-dan-ekonomi-kreatif-lindungi-kekayaan-intelektual-karya-anak-bangsa
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto (Sumber: Setjen Kemenkumham RI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terus berupaya menghidupkan ekonomi kreatif dengan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Dalam rangka memeringati hari kekayaan intelektual sedunia, DJKI Kemenkumham mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan ekosistem ekonomi kreatif guna melindungi kekayaan intelektual karya anak bangsa.

Baca Juga: Sekjen Kemenkumham: Gagal Ikut Latsar, Gagal Pula Jadi PNS

"Dengan semangat kebersamaan Indonesia bersatu, kita yakin dan percaya, karya anak bangsa akan menguasai pasar lokal dan pasar dunia. Selamat Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang ke-21 tanggal 26 April 2021. Taking your ideas to the market from local to global," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/4/2021).

Menurut Andap, Kekayaan Intelektual (KI) mencatat kontribusi baik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yaitu sebesar Rp 1.105 Triliun atau sekitar 7% dari rata-rata PDB pada tahun 2019. 

KI menyerap 17 juta tenaga kerja dalam setahun, sekaligus menempatkan Indonesia pada posisi ketiga di dunia dalam presentase kontribusi Ekonomi Kreatif berbasis Kekayaan Intelektual terhadap PDB.

Andap mengungkapkan, capaian ini sejalan dengan visi Kabinet Indonesia Maju di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo untuk membangun ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual sebagai poros baru ekonomi nasional di era digital.

Namun demikian, masa pandemi Covid-19 telah menekan ekonomi Indonesia hingga mengalami resesi. 

Para pelaku usaha Indonesia mengalami uji ketahanan. 

Di tengah situasi ini, UMKM terbukti mampu bertahan dan menjadi bantalan perekonomian Indonesia.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly mengakui, geliat ekonomi kreatif para pelaku UMKM Indonesia menjadi penting dalam mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang kuat serta inklusif. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x