Kompas TV nasional peristiwa

Negara Jamin Pendidikan Seluruh Anak Prajurit KRI Nanggala-402 hingga Jenjang S1

Kompas.tv - 26 April 2021, 18:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa atas gugurnya 53 Prajurit TNI Angkatan Laut, awak KRI Nanggala 402 di Perairan Laut Bali.

Pernyataan duka presiden atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia disampaikan di Istana Merdeka, siang tadi (26/4).

Dalam pernyataanya, Presiden didampingi Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BIN, Jenderal Budi Gunawan.

Presiden menyebut, ke-53 Awak KRI Nanggala-402 yang gugur adalah para putra terbaik bangsa dan mendoakan keluarga yang ditinggalkan ikhlas dan kuat menghadapi musibah ini.

Presiden menekankan, Negara akan menjamin pendidikan putra-putri seluruh prajurit KRI Nanggala hingga jenjang S1.

Selain itu, negara juga memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dan Bintang Jasa Jalasena, bagi seluruh prajurit di KRI Nanggala-402.

Sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali, ditemukan, di kedalaman 838 meter.

53 prajurit Hiu Kencana yakni ABK dan personel KRI Nanggala 402 dinyatakan gugur dalam tugas.

KRI Nanggala 402 ditemukan setelah seluruh tim pencari termasuk bantuan dari negara sahabat menemukan sejumlah bukti keberadaan kapal selam di kedalaman 838 meter, namun dalam kondisi terbelah menjadi tiga.

KSAL menyebut temuan baju keselamatan awak kapal selam atau escape suit M11 menjadi bukti bahwa ada upaya penyelamatan diri yang dilakukan para awak KRI Nanggala 402.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.