Kompas TV nasional agama

SiHalal, Layanan Sertifikasi Halal Berbasis Web dari Kemenag

Senin, 26 April 2021 | 15:51 WIB
sihalal-layanan-sertifikasi-halal-berbasis-web-dari-kemenag
Ilustrasi halal (Sumber: Dok. Majelis Ulama Indonesia (MUI))

JAKARTA. KOMPAS.TV – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama mulai menerapkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Halal atau disingkat dengan nama SiHalal.

Plt Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Mastuki mengatakan penggunaan teknologi ini dipastikan akan membantu upaya percepatan layanan sertifikasi halal.

"Penerapan sistem informasi dalam layanan sertfikasi halal tentu akan membantu mewujudkan akses layanan menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih aman, dan lebih akuntabel," ungkap Mastuki pada seminar International Webinar and Halal Expert Talk yang digelar oleh Indonesia Halal Training (IHATEC), Jumat (23/4/2021).

Menurut mantan juru bicara Kemenag itu, sudah seharusnya BPJPH sebagai lembaga penyelenggara layanan publik untuk terus menyempurnakan layanan sertifikasi halal yang dilaksanakannya.

Terlebih, amanat regulasi Jaminan Produk Halal (JPH) setelah terbitnya UU 11/2020 tentang Cipta Kerja dan PP 39/2021 tentang Penyelenggaraan Bidang JPH, mengatur bahwa durasi pelaksanaan sertifikasi halal dituntut untuk lebih cepat dari sebelumnya.

"Layanan sertifikasi halal juga harus menjangkau para pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan layanan kita juga diakses oleh pelaku usaha di manca negara. Karenanya, penerapan aplikasi layanan merupakan sebuah keniscayaan saat ini," jelasnya.

Baca juga: Menag Yaqut: Jangan Ragu, Vaksin Sinovac Halal dan Suci

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:34
AMERIKA SERIKAT TUTUP PERBATASAN DARAT DENGAN KANADA DAN MEKSIKO HINGGA JULI 2021 KARENA PANDEMI KORONA   KOREA SELATAN AKAN LONGGARKAN ATURAN JAGA JARAK SOSIAL MULAI 1 JULI 2020   EMPAT PENERJUN PAYUNG TEWAS DAN 12 LAINNYA TERLUKA DALAM KECELAKAAN PESAWAT DI KEMEROVO, SIBERIA   PERUSAHAAN PETROLEUM TERBESAR DI TIONGKOK TEMUKAN AREA DENGAN CADANGAN 1 MILIAR TON MINYAK DAN GAS DI XINJIANG   EBRAHIM RAISI JADI PRESIDEN, IRAN AKAN KEMBALI NEGOSIASI SOAL KESEPAKATAN NUKLIR   PRESIDEN JAIR BOLSONARO DIDEMO SETELAH KASUS KEMATIAN PASIEN COVID-19 DI BRASIL TEMBUS 500.000 JIWA   POLDA SUMATERA BARAT PERPANJANG VAKSINASI COVID-19 GRATIS BAGI WARGA KOTA PADANG HINGGA HARI RABU, 30 JUNI 2021   INDONESIA TERPILIH MEWAKILI ASIA SEBAGAI ANGGOTA DEWAN FAO 2021-2024   DFW INDONESIA SEBUT 42 KECELAKAAN LAUT SEJAK DESEMBER 2020 HINGGA JUNI 2021 MENGAKIBATKAN 83 NELAYAN HILANG   DESTRUCTIVE FISHING WATCH (DFW) INDONESIA CATAT TERDAPAT 42 KECELAKAAN LAUT SEJAK DESEMBER 2020 HINGGA JUNI 2021   BPPTKG: GUNUNG MERAPI LUNCURKAN AWAN PANAS SEJAUH 1,5 KILOMETER ARAH BARAT DAYA SENIN PAGI   LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN (LPSK) SIAP LINDUNGI SAKSI KASUS PENEMBAKAN JURNALIS DI MEDAN   IKATAN AHLI KESEHATAN MASYARAKAT (IAKMI) DORONG PEMERINTAH LAKUKAN PSBB KETAT ATAU “LOCKDOWN” SECARA REGIONAL   SATGAS COVID-19: KEBIJAKAN PPKM MIKRO PUNYA SUBSTANSI YANG SAMA DENGAN PENERAPAN “LOCKDOWN”