Kompas TV klik360 cerita indonesia

Menhan Prabowo Berduka Atas Kepergian 53 Personel KRI Nanggala 402

Senin, 26 April 2021 | 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sampaikan duka yang mendalam atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala 402. 

“Saya, Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, menyampaikan rasa bela sungkawa yang paling mendalam untuk tragedi yang menimpa Kapal Republik Indonesia Nanggala 402. Seluruh prajurit yang telah gugur adalah putra putra terbaik bangsa.”tulis Prabowo dalam unggahan di Instagram. 

Prabowo yakin atas insiden ini, seluruh pengabdian mereka tidak akan sia-sia.

Menhan juga berharap kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan, semoga selalu diberikan kekuatan.

“Negara ini berhutang budi terhadap rasa kehilangan yang kalian rasakan ini.”tulis Prabowo. 

“KRI Nanggala 402, kami titipkan kedaulatan laut Indonesia kepada kalian, selamat jalan, selamat berlayar menuju keabadian.”tutup Prabowo pada akhir keterangan unggahannya di Instagram. 

Sebelumnya KRI Naggala 402 dinyatakan hilang kontak sejak Rabu (21/04/2021). 

Mereka tengah melakukan latihan untuk persiapan menembak torpedo. 

Saat izin menyelam pada kedalaman 13 meter, sekitar 03.46 WITA, sea rider memonitor periskop dan lampu pengenal dari KRI Nanggala-402 perlahan mulai menyelam dan tak terlihat.

Hingga pukul 04.46 WITA, saat jadwal penembakan, pemanggilan atas KRI Nanggala terus dilakukan tetapi tidak ada respons.

Begitu dipanggil untuk diberikan otorisasi, tak ada respons.

Puing kapal ditemukan terbagi 3 bagian, lewat ROV Swift Rescue milik Singapura pada Minggu (25/04/2021). 

Video Editor: Lisa
 

Penulis : Yuilyana





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:18
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO