Kompas TV internasional kompas dunia

Banyak Korban Meninggal, RS Ibn al-Khatib Diduga Tanpa Sistem Proteksi dari Kebakaran

Senin, 26 April 2021 | 10:57 WIB
banyak-korban-meninggal-rs-ibn-al-khatib-diduga-tanpa-sistem-proteksi-dari-kebakaran
Tim penyelamat bekerja di lokasi kebakaran di sebuah rumah sakit di Baghdad pada Sabtu, 24 April 2021. Kebakaran terjadi di rumah sakit Baghdad yang merawat pasien kritis Covid-19 setelah tabung oksigen dilaporkan meledak Sabtu malam (Sumber: AP Photo)

BAGHDAD, KOMPAS.TV - Rumah Sakit (RS) khusus penanganan Covid-19 di Baghdad Timur, Irak terbakar. Akibatnya, sejumlah 82 orang meninggal dunia. Jumlah korban meninggal tersebut bertambah cukup banyak dari yang awalnya hanya tercatat sebanyak 23 orang.

Dinas Pertahanan Sipil mengatakan rumah sakit tersebut tidak memiliki sistem proteksi kebakaran. Itulah sebabnya, api cepat menyebar ke seluruh bangunan.

Baca Juga: Korban Tewas Menjadi 82 Orang dan 110 Luka Berat Pada Kebakaran Rumah Sakit Covid-19 di Baghdad

Kebakaran yang terjadi di RS Ibn al-Khatib tersebut dipicu oleh ledakan di salah satu tempat penyimpanan oksigen.

"Terjadi kesalahan dalam penyimpanan tabung oksigen," kata sumber medis RS tersebut dikutip dari AFP, Senin (26/4/2021)

Kementerian Kesehatan Irak menyatakan akibat kejadian ini sebanyak 82 orang meninggal dunia, sementara 110 orang lainnya luka-luka. Diketahui, sekitar 28 orang yang meninggal dunia adalah pasien Covid-19 yang harus melepas ventilator saat harus menghindari kobaran api.

Ledakan yang terjadi di ruang penyimpanan, terhitung sangat cepat menyebarkan api ke beberapa lantai di rumah sakit tersebut.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:26
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO