Kompas TV klik360 sinau

Mengapa KRI Nanggala-402 Tenggelam Pecah Jadi 3 Bagian?

Senin, 26 April 2021 | 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan KRI Nanggala-402 ditemukan di kedalaman 838 meter di perairan utara Pulau Bali.

Kapal Selam KRI Nanggala-402 itu berhasil ditemukan pada 9.04 WITA dengan kontak visual yang dilakukan oleh Kapal MV Swift Rescue. Dalam kontak visual tersebut, KRI Nanggala-402 ditemukan telah terbelah menjadi tiga bagian.

"Ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala, jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam konferensi pers secara virtual pada Minggu (25/4/2021).

Mantan Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402, Laksamana Muda (Purnawirawan) Frans Wuwung dalam program Sapa Indonesia Malam KompasTV menyebut kapal tenggelam dan terbelah akibat sudah melewati batas maksimum kedalaman 700-850 meter. Dengan tekanan bawah air yang begitu kuat di kedalaman 700-850 meter akan menyebabkan retak dan pecahnya lambung baja kapal.

“Kapal KRI Nanggala-402 tenggelam dan terbelah karena melewati batas maksimum kedalaman, penjelasan Panglima melewati 300 sampai ke 700 itu sudah melewati batas operasional maksimum KRI Nanggala-402," ujarnya.

Laksamana Muda Purnawirawan Frans Wuwung juga menduga saat hilang kontak, KRI Nanggala-402 mengalami black out atau mati listrik yang menyebabkan sejumlah alat tak berfungsi.

Panglima TNI pun menyatakan seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur. Para pelaut ini gugur dalam perjalanan patroli abadi.

Video Editor: Novaltri Sarelpa
Video Grafis: Agus Ilyas

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:03
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN GUBERNUR NONAKTIF SULSEL NURDIN ABDULLAH HINGGA 27 MEI 2021   SOAL DISPENSASI MUDIK UNTUK SANTRI, JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: BELUM ADA PEMBAHASAN   MENKES: 10 ORANG DI INDONESIA TERINFEKSI COVID-19 DARI MUTASI VIRUS YANG DITEMUKAN DI INDIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: SEBANYAK 3,8 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA AKAN TIBA DI INDONESIA MALAM INI   KETUA DPR PUAN MAHARANI DORONG ADANYA KOMUNIKASI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT PAPUA UNTUK SELESAIKAN KONFLIK   KEMENKUMHAM MENDORONG UMKM TINGKATKAN DAYA SAING DI PASAR GLOBAL   BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL: REALISASI INVESTASI TRIWULAN I 2021 CAPAI RP 219,7 TRILIUN   WAKIL KETUA DPR RACHMAT GOBEL: TENGGELAMNYA KRI NANGGALA-402 JADI MOMENTUM EVALUASI SELURUH ALUTSISTA TNI AL   PRESIDEN BERI KENAIKAN PANGKAT SATU TINGKAT LEBIH TINGGI KE 53 PRAJURIT TNI AL DI KRI NANGGALA-402 YANG GUGUR   PRESIDEN JOKOWI: 53 PRAJURIT TNI AL DI KRI NANGGALA-402 YANG GUGUR PATRIOT PENJAGA KEDAULATAN BANGSA   MENHAN PRABOWO SUBIANTO AKAN BERIKAN BEASISWA BAGI PUTRA-PUTRI PRAJURIT KRI NANGGALA-402 HINGGA S-1   KABINDA PAPUA DITEMBAK, KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH TAK RAGU TUMPAS KKB   PRESIDEN JOKOWI SAMPAIKAN DUKACITA MENDALAM ATAS WAFATNYA KABINDA PAPUA BRIGJEN I GUSTI PUTU DANNY KARYA NUGRAHA   DIRJEN KEPENDUDUKAN & PENCATATAN SIPIL SEBUT PIHAKNYA WAJIB LAYANI TRANSGENDER DAPATKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN