Kompas TV internasional kompas dunia

Pertempuran Meletus di Mogadishu Somalia Akibat Ketegangan Pemilu Presiden

Kompas.tv - 26 April 2021, 03:40 WIB
pertempuran-meletus-di-mogadishu-somalia-akibat-ketegangan-pemilu-presiden
Seorang tentara yang mendukung kelompok oposisi anti-pemerintah membawa peluncur granat berpeluncur roket di sebuah jalan di daerah Fagah di Mogadishu, Somalia Minggu, 25 April 2021. (Sumber: AP Photo/Farah Abdi Warsameh)
Penulis : Edwin Shri Bimo

MOGADISHU, KOMPAS.TV - Pertempuran meletus di ibu kota Somalia pada Minggu (25/4/2021) antara tentara yang setia kepada pemerintah dan lainnya yang marah kepada pemimpin negara itu. Ketegangan meningkat karena masa jabatan Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed yang diperpanjang, seperti dilansir Associated Press, Senin (26/4/2021).

Suara tembakan terdengar di sebagian besar kota Mogadishu, menyoroti peringatan sebelumnya bahwa kebuntuan pemilu dapat meningkatkan ketidakstabilan di Somalia.

Ratusan tentara yang diperkirakan memberontak, masih berseragam, mengambil posisi kunci di Mogadishu utara sementara penduduk bersembunyi.

Menteri keamanan dalam negeri Somalia, Hassan Hundubey Jimale, menyatakan belasungkawa kepada semua korban tetapi tidak mengatakan berapa banyak orang yang terbunuh atau terluka.

Baca Juga: 15 Orang Tewas Dalam Ledakan di Dua Pangkalan Militer dan Kedai Teh di Somalia

Sekelompok tentara yang mendukung kelompok oposisi anti-pemerintah membawa peluncur granat berpeluncur roket di sebuah jalan di daerah Fagah di Mogadishu, Somalia Minggu, 25 April 2021. (Sumber: AP Photo/Farah Abdi Warsameh)

Dia menuduh "beberapa orang yang tidak tertarik dengan keamanan rakyat mereka" melancarkan serangan di Mogadishu dan dia mengatakan pasukan keamanan berhasil memukul mundur mereka.

Presiden menghadapi pertentangan yang meningkat di Somalia dan luar negeri setelah majelis rendah parlemen negara itu menyetujui perpanjangan dua tahun dari mandat presiden saat ini, termasuk pemerintah federal, sementara presiden Somalia menyetujui perpanjangan itu.

Setujunya presiden Somalia atas perpanjangan mandat membuat marah para pemimpin Senat dan kritik tajam dari komunitas internasional. Uni Afrika adalah yang terbaru mengutuk tindakan tersebut.

Pemilihan pemimpin Somalia, yang dimaksudkan untuk awal Februari, diputuskan untuk ditunda di tengah perselisihan antara pemerintah federal dan negara bagian Puntland dan Jubbaland bersama dengan oposisi.

"Kekerasan yang tidak dapat diterima malam ini dipicu dan dipimpin oleh pasukan yang ingin mengirim Somalia kembali ke masa lalunya yang kelam," kata pemerintah federal dalam sebuah pernyataan.

"Campur tangan milisi dan asing bergabung untuk menakut-nakuti orang Somalia agar menyerah."

Baca Juga: Kelompok Al Shabaab Somalia Serang Dua Pangkalan Militer Pemerintah

Pengunjuk rasa dari kelompok oposisi anti-pemerintah Somalia membakar foto presiden di daerah Fagah di Mogadishu, Somalia hari Minggu, 25 April 2021. (Sumber: AP Photo/Farah Abdi Warsameh)

Para tentara itu diyakini memasuki kota itu dari pangkalan militer di luar Mogadishu.

Kebanyakan dari mereka berasal dari klan mantan presiden Hassan Sheikh Mohamed dan Sharif Sheikh Ahmed.

Keduanya berjanji untuk mencopot secara paksa presiden jika dia tidak kembali ke negosiasi mengenai penundaan pemilu atau mengundurkan diri.

Mohamed dalam tweet menuduh pasukan yang setia kepada presiden menyerang rumahnya, menambahkan, "Saya memperingatkan dan sekarang mengulangi peringatan saya, betapa berbahayanya mempolitisasi keamanan. (Muhammad) akan memikul tanggung jawab atas apapun yang terjadi sebagai akibat dari ini. "

Menteri keamanan dalam negeri Somalia membantahnya.

"Kami tidak dapat menerima Siad Barre yang lain," kata salah satu tentara pemberontak, mengacu pada diktator yang digulingkan pada tahun 1991 menyebabkan konflik selama tiga dekade, pertama di antara panglima perang dan kemudian oleh kelompok ekstremis al-Shabab.

Beberapa ratus demonstran berkumpul pada hari Minggu meneriakkan "Kami tidak ingin kediktatoran!" dan membakar foto presiden.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.