Kompas TV regional peristiwa

Kapten Laut I Gede Kartika Awak Nanggala-402, Bercita-Cita Jadi TNI AL dan Ingin Naik Semua KRI

Kompas.tv - 25 April 2021, 21:33 WIB
kapten-laut-i-gede-kartika-awak-nanggala-402-bercita-cita-jadi-tni-al-dan-ingin-naik-semua-kri
Gambar dokumentasi KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam di perairan utara Bali dengan korban 53 awak kapal gugur. (Sumber: Lini masa Twitter)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

BALI, KOMPAS.TV - Kapten Laut (P) I Gede Kartika merupakan salah satu awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam di sekitar perairan utara Bali.

Berasal dari Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, I Gede Kartika menjabat Kepala Departemen Operasi Pelayaran Kapal Selam KRI Nanggala-402.

Baca Juga: Berasal dari Keluarga Militer, Awak KRI Nanggala 402 Lettu Ady Sonata Dikenal Berprestasi

Menurut paman I Gede Kartika bernama Wayan Darmanta, keponakannya memang sejak kecil bercita-cita menjadi prajurit TNI AL.

Di mata keluarga, kata Wayan, Gede Kartika merupakan sosok pribadi yang ramah, baik, dermawan, serta sangat menyayangi keluarga.

Gede Kartika yang lahir di Gorontalo ternyata memiliki keluarga di Lebu Gede, Desa Lokasari, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali.

Baca Juga: Komunikasi Terakhir Ibunda dengan Komandan KRI Nanggala 402 Letkol Heri Oktavian, Sempat Kirim Video

Menurut Wayan, keponakannya itu sering mengunjungi keluarganya di Karangasem untuk sekadar silaturahmi.

Walaupun orang tuanya tinggal di Marisa, Provinsi Gorontalo, namun Gede Kartika hampir setiap tahun menyempatkan diri datang ke Lebu, Karangasem.

Terakhir kali, Wayan menyebut, Gede Kartika datang ke Karangasem dua tahun lalu. Saat itu, dia datang untuk bersilaturahmi.

Baca Juga: Cerita Istri Serda Guntur Kru Kapal KRI Nanggala-402, Suaminya Sempat Tak Ingin Berangkat Berlayar

"Orang tua Gede Kartika berasal dari Lebu, Kabupaten Karangasem. Saat mengandung Gede Kartika, orang tuanya transmigrasi ke Gorontalo hingga menetap," kata Wayan dikutip dari TribunBali, Minggu (25/4/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.