Kompas TV nasional breaking news

BREAKING NEWS - Ditemukan di Kedalaman 838 Meter, Badan KRI Nanggala 402 Terbelah Jadi 3 Bagian

Minggu, 25 April 2021 | 18:47 WIB

KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan kondisi kapal KRI Nanggala-402 terbelah menjadi tiga bagian.

Terdapat bagian yang terlepas dari badan utama kapal.

"Berikut ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala. Di sana KRI Nanggala terbelah jadi 3 bagian," ujar Yudo dalam konferensi pers, Minggu (25/4).

Yudo menjelaskan terdapat bagian belakang kapal tak berbadan tekan, selanjutnya kemudi horizontal dan vertikal.

Pantauan ini terlihat melalui alat ROV dari Singapura yang mendapat kontak visual dan memperlihatkan adanya serpihan badan kapal KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter.

Sementara itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Cahyanto menyatakan seluruh awak yang berada dalam KRI Nanggala 402 telah gugur.

Hal ini disampaikan langsung pada saat konferensi pers TNI pada Minggu, 25 April 2021.

Pernyataan ini berdasarkan temuan serpihan dan adanya sinyal Kapal selam KRI Nanggala 402 yang terdeteksi terakhir berada di kedalaman 838 meter.

Sementara diberitakan Schmidt Ocean Institute yang dikutip Kompas.com, di kedalaman lebih dari 800 meter kondisi air tidak seperti yang dirasakan di kolam renang.

Tekanan hidrostatis air meningkat sebanyak 1 atm setiap kedalaman 10 meter.

Artinya, jika tekanan di udara adalah 1 atm, tekanan di kedalaman 850 meter adalah 85 atm.

Sementara manusia hanya bisa bertahan pada tekanan sekitar 3 hingga 4 atm.

Mulai dari kedalaman 200 meter, semua cahaya mulai hilang dan suhu turun drastis.

Pada kondisi ini, laut benar-benar hitam. Cahaya mungkin hanya berasal dari bakteri dan hewan yang menghasilkan cahaya.

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa awak kapal selam KRI Nanggala-402 tidak dapat begitu saja keluar dari kapal selam.

Berenang di laut pada kedalaman 850 adalah hal yang tidak mungkin bagi manusia, rasanya mungkin akan sama seperti dinjak 100 ekor gajah di kepala.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:56
EL SALVADOR BERPOTENSI JADI NEGARA PERTAMA YANG GUNAKAN ASET KRIPTO JENIS BITCOIN SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN SAH   BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SORE HARI INI   PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17 AKAN DITUTUP HARI INI PUKUL 12.00 WIB   UJI COBA LINTASAN “ROAD BIKE” DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN PUKUL 05.00-06.30 WIB   MULAI HARI INI, PEMPROV DKI UJI COBA LINTASAN “ROAD BIKE” MENGGUNAKAN JALUR KENDARAAN BERMOTOR DI SUDIRMAN-THAMRIN   PEMPROV DKI JAKARTA MENYEBUT DATA FMOTM NANTINYA AKAN DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR PEMBERIAN BANTUAN   PEMPROV DKI: PENDAFTARAN FMOTM 2021 BISA DILAKUKAN DARING DAN DATANG LANGSUNG KE KELURAHAN SESUAI DOMISILI   PEMPROV DKI BUKA PENDAFTARAN DATA FAKIR MISKIN DAN ORANG TIDAK MAMPU (FMOTM) MULAI HARI INI HINGGA 25 JUNI 2021   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO BERHARAP MASYARAKAT TAK HANYA JADI OBYEK, MELAINKAN SUBYEK DISIPLIN PROKES   TNI & POLRI AKAN MELAKUKAN PENEBALAN DAN PENGUATAN POSKO PPKM SKALA MIKRO DI PEKALONGAN, JATENG   TAHAPAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI DKI JAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022 RESMI DIBUKA HARI INI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.767: 3.915 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 648 DALAM PERAWATAN   KASUS AKTIF COVID-19 DI KOTA DEPOK SAAT INI BERJUMLAH 1.376 PASIEN YANG MASIH MENJALANI ISOLASI DAN PERAWATAN   KECAMATAN KARAWACI JADI WILAYAH YANG MEMILIKI TOTAL KASUS COVID-19 TERTINGGI DI KOTA TANGERANG