Kompas TV kuliner cerita rasa

Berburu Takjil Sampai ke Cianjur, Sup Roti Rogan Yang Nikmat

Kompas.tv - 25 April 2021, 19:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Di Indonesia takjil jadi hidangan yang selalu ditunggu-tunggu saat Ramadan. Biasanya berupa kudapan dan setiap daerah punya kekhasan favorit masing-masing.

Takjil sebenarnya adalah istilah dalam bahasa Arab yang berarti menyegerakan berbuka, sebagaimana dalam hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, apabila kamu berbuka berbukalah dengan kurma jika tidak ada, minumlah dengan air putih karena ia suci, Hadits riwayat At Tirmidzi.

Karena zaman dahulu tak mudah mendapatkan kurma, kudapan manis jadi menu berbuka favorit untuk menu pengganti kurma.  Di Cianjur ada Sup Roti Rogan atau lebih dikenal dengan Roguan's Soup, untuk melihat langsung proses pembuatannya saya datang ke Jalan Selamet nomor 27 muka Cianjur Jawa Barat.

Kunci dari rogan ada pada santannya, santan segar dimasak bersama susu bubuk untuk mendapatkan Creamines.

Bu Empat membenamkan 2 rasa ke dalam santan durian dan pisang kebayangkan betapa legitnya racikan santan ini sambil menunggu santannya siap semua komponen sup rogan disusun di atas daun pisang.

Kolang kaling, daging kelapa, kacang hijau rebus dan roti Cianjur.  Roti Cianjur ini memiliki tekstur kenyal dan padat sehingga tidak mudah hancur saat terendam santan. Dan terakhir tambahkan gula pasir sentuhan terakhir ini hanya dilakukan oleh sang empu ibu Empat. 

Kata ibu Empat takarannya harus pas agar semua komponen menyatu dengan santan, selanjutnya masukkan santan. Sup rogan kemudian dikukus selama 25 menit dalam proses ini aroma dari semua komponen akan terkonsentrasi sehingga aromanya semakin kuat saat dibuka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x