Kompas TV kuliner cerita rasa

Berburu Takjil Sampai ke Cianjur, Sup Roti Rogan Yang Nikmat

Minggu, 25 April 2021 | 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Di Indonesia takjil jadi hidangan yang selalu ditunggu-tunggu saat Ramadan. Biasanya berupa kudapan dan setiap daerah punya kekhasan favorit masing-masing.

Takjil sebenarnya adalah istilah dalam bahasa Arab yang berarti menyegerakan berbuka, sebagaimana dalam hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, apabila kamu berbuka berbukalah dengan kurma jika tidak ada, minumlah dengan air putih karena ia suci, Hadits riwayat At Tirmidzi.

Karena zaman dahulu tak mudah mendapatkan kurma, kudapan manis jadi menu berbuka favorit untuk menu pengganti kurma.  Di Cianjur ada Sup Roti Rogan atau lebih dikenal dengan Roguan's Soup, untuk melihat langsung proses pembuatannya saya datang ke Jalan Selamet nomor 27 muka Cianjur Jawa Barat.

Kunci dari rogan ada pada santannya, santan segar dimasak bersama susu bubuk untuk mendapatkan Creamines.

Bu Empat membenamkan 2 rasa ke dalam santan durian dan pisang kebayangkan betapa legitnya racikan santan ini sambil menunggu santannya siap semua komponen sup rogan disusun di atas daun pisang.

Kolang kaling, daging kelapa, kacang hijau rebus dan roti Cianjur.  Roti Cianjur ini memiliki tekstur kenyal dan padat sehingga tidak mudah hancur saat terendam santan. Dan terakhir tambahkan gula pasir sentuhan terakhir ini hanya dilakukan oleh sang empu ibu Empat. 

Kata ibu Empat takarannya harus pas agar semua komponen menyatu dengan santan, selanjutnya masukkan santan. Sup rogan kemudian dikukus selama 25 menit dalam proses ini aroma dari semua komponen akan terkonsentrasi sehingga aromanya semakin kuat saat dibuka.

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:48
KALAHKAN UKRAINA DI SEMIFINAL PIALA DUNIA PANAHAN, TIM PANAHAN INDONESIA REBUT SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO 2020   KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN   KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN   WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN   GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI   SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI   KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK   KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN   JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS   IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA   DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU   DINKES DKI: RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA