Kompas TV klik360 cerita indonesia

5 Fakta Terungkap dari Tenggelamnya KRI Nanggala 402

Minggu, 25 April 2021 | 10:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam di laut utara Bali, Sabtu (24/04/2021). 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak semua pihak berdoa agar proses pencarian KRI Nanggala-402 bisa berjalan dengan baik.

"Kita semua merasa sangat kehilangan dengan kejadian ini. Dan saya ingin sampaikan bahwa kepada seluruh awak KRI Nanggala dan prajurit yang on board di KRI Nanggala, saya sebagai Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam," kata Hadi dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga: Inilah Serpihan Pelurus Torpedo dan Botol Oranye yang Diduga dari KRI Nanggala 402

Sejumlah fakta pun terungkap atas tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. 

Fakta 1 TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti autentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala 402.

Fakta 2 KRI Nanggala 402 tenggelam diduga alami keretakan.

Fakta 3 Ditemukan serpihan torpedo diduga kuat berasal dari KRI Nanggala 402.

Fakta 4 Polri turut mengerahkan kapal hingga drone bawah laut.

Fakta 5 Bantuan angkatan luat negara asing, dari Amerika hingga Singapura. Salah satunya P-8 Poseidon milik AL Amerika Serikat yang memang dirancang khusus untuk misi pencarian di lautan, khususnya kapal selam.

Pesawat telah tiba dan mendarat di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (24/04/2021) dini hari.

Baca Juga: Daftar 53 Awak KRI Nanggala 402 yang Kini On Eternal Patrol atau Berpatroli Selamanya 

Video Editor: Lisa
 

Penulis : Yuilyana





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:26
WAKIL BUPATI SANGIHE HELMUD HONTONG MENINGGAL DUNIA DI PESAWAT SAAT PERJALANAN PULANG DARI BALI MENUJU MANADO   BUPATI SEMARANG NGESTI NUGRAHA MELARANG WARGA GELAR HAJATAN GUNA CEGAH PENAMBAHAN KASUS COVID-19   DUA PEKERJA KORBAN LEDAKAN TABUNG DI GRESIK ALAMI LUKA BAKAR 90% DAN DIRUJUK KE RS DR SOETOMO SURABAYA   3 GERAI RESTORAN CEPAT SAJI MCD DI KOTA BOGOR DIBERI SANKSI TEGURAN IMBAS KERUMUNAN PENJUALAN "BTS MEAL"   POLDA METRO JAYA AKAN PANGGIL PENGELOLA MCDONALD'S SOAL KERUMUNAN ANTREAN PENJUALAN "BTS MEAL"   POLISI TANGKAP 26 ORANG BUNTUT BENTROKAN 2 ORMAS YANG TERJADI DI DEPAN MAPOLRES METRO BEKASI   DISDIK SUMUT PERPANJANG MASA PENDAFTARAN PPDB UNTUK SMA HINGGA 11 JUNI 2021   KEMENKEU SIAP BAYAR UTANG RP 140 M KE HOTEL YANG MEMFASILITASI KARANTINA PASIEN COVID-19 DI DKI JAKARTA   DINKES DKI: ADA 800 KLASTER BARU COVID-19 SETELAH LIBUR LEBARAN 2021   MENDIKBUD-RISTEK NADIEM MAKARIM MINTA SISWA TETAP JAGA PROKES SAAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS   MENDIKBUD-RISTEK NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TIDAK SAMA SEPERTI SEKOLAH BIASA   KPK USUT AWAL MULA PERKENALAN WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DENGAN MANTAN PENYIDIK KPK STEPANUS PATTUJU   KEJAGUNG TAHAN 1 TERSANGKA BARU ATAS KASUS PENGALIHAN IZIN USAHA PERTAMBANGAN BATU BARA DI SAROLANGUN, JAMBI   DITJEN BINA MARGA KEMENTERIAN PUPR DAPAT PAGU INDIKATIF RP 39,7 T PADA TAHUN ANGGARAN 2022