Kompas TV internasional kompas dunia

Sambut Astronot Baru SpaceX Crew Dragon, Stasiun Luar Angkasa Internasional Dipenuhi 11 Astronot

Sabtu, 24 April 2021 | 23:55 WIB
sambut-astronot-baru-spacex-crew-dragon-stasiun-luar-angkasa-internasional-dipenuhi-11-astronot
Astronot dari SpaceX mulai memasuki Stasiun Luar Angkasa Internasional setelah kapsul Naga berhasil merapat pada Sabtu, 24 April 2021. Kapsul SpaceX daur ulang yang membawa empat astronot telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional, sehari setelah peluncuran dari Florida. (Sumber: NASA via AP)

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV - Populasi Stasiun Luar Angkasa Internasional membengkak menjadi 11 astronot pada Sabtu (24/4/2021) menyusul kedatangan kapsul awak ketiga SpaceX dalam waktu kurang dari setahun.

Sebuah kapsul luar angkasa SpaceX daur ulang yang membawa empat astronot tiba di stasiun luar angkasa sehari setelah diluncurkan dari Pusat Antariksa Kennedy NASA.

Ini kerumunan terbesar di sana dalam lebih dari satu dekade.

Semua astronot - mewakili AS, Rusia, Jepang, dan Prancis - berhasil masuk ke dalam pengambilan foto untuk mendapat ucapan selamat dari para pemimpin badan antariksa mereka.

"Dalam situasi sulit di seluruh dunia ini, saya yakin Anda telah membawa keberanian dan harapan bagi kita semua," kata Presiden Badan Antariksa Jepang Hiroshi Yamakawa dari pusat kendali penerbangan negaranya, merujuk pada pandemi global.

Baca Juga: Terobosan Bersejarah, NASA Berhasil Buat Oksigen untuk Bernapas di Mars

Pesawat luar angkasa SpaceX Crew Dragon, kiri, mendekati stasiun luar angkasa internasional, Sabtu, 24 April 2021. Kapsul SpaceX daur ulang yang membawa empat astronot telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional, sehari setelah diluncurkan dari Florida. (Sumber: NASA via AP)

Dragon Capsule dari SpaceX merapat secara otonom dengan pos terdepan Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mengorbit lebih dari 260 mil (420 kilometer) di atas Samudera Hindia.

Palka terbuka beberapa jam kemudian, menyatukan semua 11 penjelajah luar angkasa.

"Sungguh luar biasa melihat kalian ber-11 di stasiun," kata penjabat administrator NASA, Steve Jurczyk.

Dia mencatat bahwa ini akan menjadi norma, karena sekarang SpaceX secara teratur menerbangkan kru.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Gadis Cantik Dibunuh Rekan Kerja

Selasa, 28 September 2021 | 17:34 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19