Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dongkrak Kinerja, RAJA Lakukan Akuisisi Perusahaan Pipa Gas dan Bisnis Air Bersih

Sabtu, 24 April 2021 | 20:34 WIB
dongkrak-kinerja-raja-lakukan-akuisisi-perusahaan-pipa-gas-dan-bisnis-air-bersih
ILUSTRASI. Kerek kinerja, Rukun Raharja (RAJA) berencana akuisisi perusahaan pipa gas. (Sumber: Kontan.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) optimistis bisa mendongkrak kinerja tahun ini, setelah tahun lalu mengalami penurunan laba bersih 76,43 persen menjadi US$ 1,38 juta.

Melansir dari laman Kontan.co.id, Jumat (24/4/2021), Direktur Keuangan Rukun Raharja, Oka Lesmana, mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 mempengaruhi kinerja sepanjang tahun lalu. Meski demikian, perusahaan tersebut memastikan peningkatan kinerja di akhir tahun bisa dilakukan.

"Ada beberapa upaya yang dilakukan sehingga berhasil mendapatkan peningkatan penjualan gas pada kuartal IV 2020 termasuk melakukan efisiensi di berbagai aspek internal perusahaan," jelas Oka, Kamis (22/4/2021) lalu.

Tahun ini, RAJA masih akan bertumpu pada lini usaha infrastruktur gas serta perdagangan gas yang disebut menjadi lini bisnis paling potensial perusahaan.

Baca Juga: Menteri ESDM Sebut Indonesia akan Berhenti Impor BBM dan LPG pada 2030

Selain itu, Rukun Raharja  juga akan berfokus pada beberapa proyek baru yang telah diproyeksi memberikan kontribusi, yaitu dari penyewaan kompresor, pembangunan terminal LPG di Rembang yang rencananya akan beroperasi pada semester 2 tahun 2021 dengan kapasitas sampai dengan 1.000 ton per hari.

Harapan lainnya juga terkait penggunaan gas akan segera kembali seperti sebelumnya. Kemudian adanya rencana mengakuisisi perusahaan-perusahaan pipa gas yang berada di Pulau Jawa.

"Saat yang sudah terealisasi adalah jalur pipa gas di wilayah Banten, dan selain itu masih ada beberapa potensi di tahap penjajakan," terang Oka.

Rukun Raharja juga mengaku bersiap masuk bisnis air bersih. RAJA sudah melakukan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah Cijanggel, Bandung Barat. SPAM ini memiliki kapasitas 50 LPD (Liter Per Detik).

“Selain di Cijanggel, saat ini Rukun Raharja  tengah mencari peluang dan menjajaki untuk pembangunan SPAM dibeberapa kota di Pulau Jawa dan Sumatra,” imbuhnya.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19