Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dongkrak Kinerja, RAJA Lakukan Akuisisi Perusahaan Pipa Gas dan Bisnis Air Bersih

Kompas.tv - 24 April 2021, 20:34 WIB
dongkrak-kinerja-raja-lakukan-akuisisi-perusahaan-pipa-gas-dan-bisnis-air-bersih
ILUSTRASI. Kerek kinerja, Rukun Raharja (RAJA) berencana akuisisi perusahaan pipa gas. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) optimistis bisa mendongkrak kinerja tahun ini, setelah tahun lalu mengalami penurunan laba bersih 76,43 persen menjadi US$ 1,38 juta.

Melansir dari laman Kontan.co.id, Jumat (24/4/2021), Direktur Keuangan Rukun Raharja, Oka Lesmana, mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 mempengaruhi kinerja sepanjang tahun lalu. Meski demikian, perusahaan tersebut memastikan peningkatan kinerja di akhir tahun bisa dilakukan.

"Ada beberapa upaya yang dilakukan sehingga berhasil mendapatkan peningkatan penjualan gas pada kuartal IV 2020 termasuk melakukan efisiensi di berbagai aspek internal perusahaan," jelas Oka, Kamis (22/4/2021) lalu.

Tahun ini, RAJA masih akan bertumpu pada lini usaha infrastruktur gas serta perdagangan gas yang disebut menjadi lini bisnis paling potensial perusahaan.

Baca Juga: Menteri ESDM Sebut Indonesia akan Berhenti Impor BBM dan LPG pada 2030

Selain itu, Rukun Raharja  juga akan berfokus pada beberapa proyek baru yang telah diproyeksi memberikan kontribusi, yaitu dari penyewaan kompresor, pembangunan terminal LPG di Rembang yang rencananya akan beroperasi pada semester 2 tahun 2021 dengan kapasitas sampai dengan 1.000 ton per hari.

Harapan lainnya juga terkait penggunaan gas akan segera kembali seperti sebelumnya. Kemudian adanya rencana mengakuisisi perusahaan-perusahaan pipa gas yang berada di Pulau Jawa.

"Saat yang sudah terealisasi adalah jalur pipa gas di wilayah Banten, dan selain itu masih ada beberapa potensi di tahap penjajakan," terang Oka.

Rukun Raharja juga mengaku bersiap masuk bisnis air bersih. RAJA sudah melakukan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah Cijanggel, Bandung Barat. SPAM ini memiliki kapasitas 50 LPD (Liter Per Detik).

“Selain di Cijanggel, saat ini Rukun Raharja  tengah mencari peluang dan menjajaki untuk pembangunan SPAM dibeberapa kota di Pulau Jawa dan Sumatra,” imbuhnya.

Baca Juga: Akan Akuisisi Tanah Seluas 45 Hektar, Mafia Tanah di Tangerang Berhasil Ditangkap!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x