Kompas TV religi beranda islami

Ayo Bergerak di Masa Puasa - KALAM HATI

Kompas.tv - 25 April 2021, 03:43 WIB
Penulis : Luthfan

Bulan Ramadhan adalah bulan spesial dalam Islam, karena memiliki malam Lailatul Qadar. Maka, teruslah bergerak dan meningkatkan intensitas ibadah di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan.

“Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan keridhaan-Nya, maka semua dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Suatu hari, ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW : “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab : “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi : “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab : “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR Tirmidzi).

Selain Hablumminallah (hubungan dengan Allah), ada juga yang dinamakan Hablumminannas (hubungan dengan manusia). Hal ini dapat diartikan bahwa di bulan Ramadhan juga perlu melakukan aktivitas positif di dunia.

Dapat disimpulkan bahwa bulan Ramadhan bukan berarti bulan untuk bermalas-malasan akibat tidak makan, namun kita juga tidak boleh meninggalkan pekerjaan-pekerjaan kita.

Wallahu'alam bis shawab. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x