Kompas TV video cerita indonesia

Fakta Canggihnya Poseidon Milik AS, Pernah Ikut Pencarian Malaysia Airlines MH370

Kompas.tv - 24 April 2021, 15:35 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Amerika Serikat mengerahkan pesawat P-8 Poseidon untuk membantu Indonesia mencari kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali.

Pesawat P-8 Poseidon merupakan pesawat militer di bawah Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon.

Dikutip dari Kompas.com, P-8 Poseidon adalah pesawat yang awalnya diproduksi khusus untuk US Navy oleh Boeing Defense, Space, and Security. Pesawat ini merupakan modifikasi dari pesawat untuk penerbangan sipil, Boeing 737-800ER.

Pesawat pengintai ini dilengkapai dua mesin turbo dan CFM56 sehingga mampu melaju dengan kecepatan 490 knot. P-8 Poseidon juga memiliki daya jelajah hingga 1.200 mil laut.

Untuk misi pertempuran, P-8 Poseidon dilengkapi persenjataan pendukung perang laut, seperti torpedo, rudal jelajah, bom, serta ranjau propulsi.

P-8 Poseidon dikatakan mampu membawa muatan lebih banyak, terbang di ketinggian lebih tinggi, serta menjangkau area lebih luas.

P-8 Poseidon juga pernah dioperasikan untuk membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang jatuh di Samudera Hindia tahun 2014 lalu.

Video editor: Febi

Baca Juga: Bantu Cari KRI Nanggala-402, Pesawat Poseidon Milik Amerika Tiba di Bali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.