Kompas TV regional berita daerah

Pasokan Melimpah, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Turun

Kompas.tv - 24 April 2021, 14:43 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Memasuki pekan kedua Bulan Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Tanjung Jember, Jawa Timur turun. Pasokan dari produsen yang melimpah membuat harga turun. Meski demikian, pemerintah akan tetap menggelar operasi pasar untuk mencegah lonjakan harga menjelang lebaran.

Sejumlah komoditas yang harganya turun adalah sayur mayur dan bumbu dapur. Harga  cabai rawit turun 40 ribu rupiah per kilogram dari sebelumnya 60 ribu rupiah. Cabai merah besar juga turun 30 ribu rupiah per kilogram dari harga 50 ribu rupiah. Bawang merah turun menjadi 35 ribu rupiah per kilogram dan bawang putih 24 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga: KPPU: Harga Bahan Pokok Alami Kenaikan pada Triwulan I 2021, Khususnya saat Mendekati Ramadan

Harga sayur mayur seperti tomat dan wortel, juga turun. Harga tomat turun menjadi 8 ribu rupiah per kilogram, sedangkan wortel menjadi 10 ribu rupiah per kilogram. Hal yang sama juga terjadi pada daging ayam yang saat ini turun menjadi 34 ribu rupiah per kilogram dari harga sebelumnya 42 ribu rupiah. Begitu juga harga telur turun menjadi 23 ribu rupiah.

Menurut pedagang, turunnya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok karena melimpahnya pasokan dari produsen.

Meski harga cenderung turun, namun Pemerintah Kabupaten Jember akan tetap melakukan operasi pasar murah di sejumlah titik. Menurut Bupati Jember, Hendy Siswanto, operasi pasar murah diperlukan untuk menstabilkan harga jelang Lebaran yang biasanya cenderung naik.

Baca Juga: Satgas Pangan Tinjau Harga Bahan Pokok Dipasar Tradisional

Pemerintah Kabupaten Jember sendiri telah menyiapkan cadangan beras sebanyak 200 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan warga selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.

 

#BahanKebutuhanPokok #HargaBahanPokok #PasarTradisional #PasarTanjungJember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x