Kompas TV video cerita indonesia

Wujud Pesawat Poseidon Milik AS Tiba di Indonesia, Khusus Mencari Kapal Selam

Kompas.tv - 24 April 2021, 12:59 WIB
Penulis : Yuilyana

DENPASAR, KOMPAS.TV – Juru Bicara Pentagon John F. Kirby mengatakan P-8 Poseidon dirancang khusus untuk misi pencarian di lautan, khususnya kapal selam.

"Atas permintaan pemerintah Indonesia, kami mengirimkan aset-aset udara, termasuk sebuah pesawat patroli maritim P-8 Poseidon, untuk membantu pencarian kapal selam mereka yang hilang," ucap Kirby dikutip dari situs resmi Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, defense.gov, Sabtu (24/4/2021).

Pesawat telah tiba dan mendarat di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (24/04/2021) dini hari. 

Menurut Kirby, Indonesia merupakan teman baik dan mitra strategis, untuk itu Amerika akan membantu semaksimal hingga KRI Nanggala 402 ditemukan. 

"Indonesia merupakan teman baik dan mitra strategis. Kami semua merasa sedih mengetahui laporan soal kapal selam mereka dan pikiran serta doa kami bersama para pelaut Indonesia, Angkatan Laut Indonesia, dan tentu saja keluarga mereka," ujar Kirby dalam keterangan pers.

Dalam pernyataannya Kirby juga terbuka jika memang Indonesia akan mengangkat kapal selam ke permukaan, dan Amerika siap membantu. 

"Sangat bergantung pada apakah Anda berupaya mencari objek di bawah air, apapun itu, kondisinya maupun seberapa dalam perairannya, dan juga seperti apa dasarnya dan seperti apa arusnya. Maksud saya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dan mengangkat sesuatu dari dasar lautan merupakan pekerjaan berbahaya dan melelahkan. Kami memiliki sejumlah kemampuan untuk membantu dalam hal itu," ujar Kirby.

Video Editor: Agung
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.