Kompas TV regional berita daerah

Aksi Kamisan, Mahasiswa dan Jurnalis Kecam Kekerasan Kepada Wartawan dan Aktivis Lingkungan

Kompas.tv - 24 April 2021, 11:34 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Berlangsung di simpang empat bundaran Hotel A Kota Banjarmasin, kamis sore (22/4/2021), sejumlah mahasiswa dan awak media dari Aliansi Jurnalis Independen melakukan aksi kamisan dengan berorasi dan menunjukkan poster-poster serta spanduk bertema lingkungan.

Kompak mengenakan pakaian hitam, massa menyuarakan kembali tuntutan pengusutan sejumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia dan kerusakan alam.

Baca Juga: Razia Hotel Siang Hari, Pasangan Bukan Suami Istri Terciduk, Mengaku Hanya Antar Donat

Mahasiswa dan jurnalis juga mengecam segala tindak kekerasan dan intimidasi kepada aktivis lingkungan dan wartawan terlebih jika sedang meliput isu lingkungan.

Menurut massa, intimidasi dan kekerasan kepada wartawan dan aktivis harus dihentikan dan pelaku segera ditindak tegas.

"Kita kembali angkat juga masalah jurnalis yang sampai saat ini banyak diserang dan diintimidasi," ucap Koordinator Lapangan Aksi Kamisan, Zikri Nur Abadi.

Dalam aksi yang dilakuakan memperingati hari bumi sedunia ini, massa menuntut perlindungan kepada aktivis dan jurnalis.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Terminal Makin Lengang, Sopir Angkutan Mengeluh Kesulitan

Mahasiswa dan jurnalis juga mendeklarasikan darurat iklim dan penolakan ekspolitasi lingkungan yang berlebihan baik dari petambangan dan penebangan hutan.

"Bertepatan dengan hari bumi juga jadi kami mengangkat isu-isu lingkungan ya, kamisan banyak mengangkat isu ham, beberapa isu kami angkat masalah deklarasi iklim darurat, pembebasan lahan serta perlindungan para aktivis," Tutur Zikri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.