Kompas TV religi beranda islami

Tingkatkan Ibadah dan Imun di Bulan Ramadhan - KALAM HATI

Sabtu, 24 April 2021 | 03:43 WIB

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan utama dalam Islam serta memiliki satu malam yang terbaik, yaitu malam Lailatul Qadar. Oleh karena itu, kita harus memahami bagaimana Allah mempersiapkan bulan Ramadhan yang memiliki ladang amal yang luas dan penuh ampunan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman : “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du: 28).

Jadikan setiap malam atau setiap detik di bulan Ramadhan menjadi pahala serta berbuat kebaikan. Setiap momen di bulan Ramadhan jangan ditinggalkan begitu saja, sangat disayangkan jika tidak melakukan ibadah saat bulan Ramadhan.

Sementara itu, ketika berbuka puasa, awali dengan makanan atau minuman yang manis, seperti kurma, teh manis atau minuman manis lainnya. Demikian juga Rasulullah telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma, karena kurma memiliki serat yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan imun tubuh.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, biasa berbuka dengan beberapa buah ruthab (kurma segar) sebelum mengerjakan shalat. Jika beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mendapatkan ruthab, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa buah tamr (kurma masak yang sudah lama dipetik). Dan jika tidak mendapatkan tamr, maka beliau meminum air.”

Tak hanya makanan, faktor pendukung lainnya adalah pola makan dan istirahat yang teratur selama bulan Ramadhan juga dapat membuat orang yang berpuasa jauh lebih sehat dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Wallahu'alam bis shawab.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:13
AC MILAN AKAN BERI BAN KAPTEN KEPADA SIMON KJAER KARENA AKSI HEROIKNYA SAAT MENOLONG CHRISTIAN ERIKSEN DI MOMEN KRITIS   WAPRES KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC) JOHN COATES TIBA DI JEPANG JELANG OLIMPIADE TOKYO   JEPANG AMANKAN VAKSIN COVID-19 TAMBAHAN UNTUK 20.000 STAF OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   SEBANYAK 25 ORANG TEWAS AKIBAT LEDAKAN BESAR PIPA GAS DI DEKAT PASAR SAYUR YANG RAMAI DI SHIYAN, TIONGKOK   KOREA SELATAN MULAI MELONGGARKAN PEMBATASAN SOSIAL UNTUK KONSER K-POP   KOMISI VI DPR: RENCANA PENGENAAN TARIF BANK HIMBARA MELALUI MESIN ATM LINK TIDAK AKAN DILANJUTKAN   POLISI AKAN PERIKSA AJUDAN WABUP SANGIHE HELMUD HONTONG SEBAGAI SAKSI ATAS KEMATIAN WABUP DI PESAWAT   PEMUTIHAN DENDA PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERAKHIR PADA BULAN INI   KOMPOLNAS MINTA PATROLI RUTIN SETELAH TANGKAP 50 PELAKU PUNGLI DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   KSAU MARSEKAL FADJAR PRASETYO TEGASKAN PANDEMI COVID-19 TAK HALANGI PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN PRAJURIT TNI AU   PEMKOT TANGERANG TARGETKAN 5.000 ORANG AKAN DIVAKSINASI COVID-19 PADA HARI INI DI GEDUNG PUSPEMKOT TANGERANG   HANYA DALAM SEPEKAN TERAKHIR, TINGKAT KETERISIAN RS DARURAT COVID-19 (RSDC) WISMA ATLET JAKARTA NAIK 69%   KADINKES DKI WIDYASTUTI SEBUT ADA 3 VARIAN BARU COVID-19 DI JAKARTA   ICW MINTA KY DAN BADAN PENGAWAS MA TELUSURI KEJANGGALAN PEMANGKASAN VONIS HUKUMAN PINANGKI SIRNA MALASARI