Kompas TV religi beranda islami

Tingkatkan Ibadah dan Imun di Bulan Ramadhan - KALAM HATI

Kompas.tv - 24 April 2021, 03:43 WIB
Penulis : Luthfan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan utama dalam Islam serta memiliki satu malam yang terbaik, yaitu malam Lailatul Qadar. Oleh karena itu, kita harus memahami bagaimana Allah mempersiapkan bulan Ramadhan yang memiliki ladang amal yang luas dan penuh ampunan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman : “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du: 28).

Jadikan setiap malam atau setiap detik di bulan Ramadhan menjadi pahala serta berbuat kebaikan. Setiap momen di bulan Ramadhan jangan ditinggalkan begitu saja, sangat disayangkan jika tidak melakukan ibadah saat bulan Ramadhan.

Sementara itu, ketika berbuka puasa, awali dengan makanan atau minuman yang manis, seperti kurma, teh manis atau minuman manis lainnya. Demikian juga Rasulullah telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma, karena kurma memiliki serat yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan imun tubuh.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, biasa berbuka dengan beberapa buah ruthab (kurma segar) sebelum mengerjakan shalat. Jika beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mendapatkan ruthab, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa buah tamr (kurma masak yang sudah lama dipetik). Dan jika tidak mendapatkan tamr, maka beliau meminum air.”

Tak hanya makanan, faktor pendukung lainnya adalah pola makan dan istirahat yang teratur selama bulan Ramadhan juga dapat membuat orang yang berpuasa jauh lebih sehat dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x