Kompas TV religi beranda islami

Menjaga Toleransi - SAHUR TIME

Sabtu, 24 April 2021 | 02:05 WIB

Toleransi yang benar dalam Islam adalah bukan mendukung ajaran non Muslim, namun membiarkan dan tidak ikut campur pada ritual keagamaan mereka. Toleransi juga diartikan sebagai menghargai dan menghormati prinsip keyakinan non Muslim.

Kita mengenal prinsip “Lakum diinukum wa liya diin” yang memiliki arti “Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.” (Surat Al-Kafirun ayat 6).

Selain itu, menjaga toleransi diartikan sebagai berbuat baik dengan non Muslim dalam sifat kemanusiaan, seperti menjenguk tetangga atau kerabat yang sedang sakit, jangan tanya agamanya. Islam mengajarkan menolong siapapun, baik orang miskin maupun orang yang sakit.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Menolong orang sakit yang masih hidup akan mendapatkan ganjaran pahala.” (HR. Bukhari no. 2363 dan Muslim no. 2244).

Islam juga mengajarkan untuk tetap menjalin hubungan kerabat dengan orang tua atau saudara non Muslim. Allah Ta’ala berfirman : “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik.” (QS. Luqman: 15).

Wallahu'alam bis shawab.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:28
MENKOMINFO SEBUT KEHADIRAN TEKNOLOGI DIGITAL TELAH MENDORONG KEMAJUAN INDUSTRI PARIWISATA DAN UMKM   KOMNAS PEREMPUAN SAYANGKAN PUTUSAN HAKIM KURANGI MASA HUKUMAN PINANGKI SIRNA MALASARI MENJADI 4 TAHUN PENJARA   TNI-POLRI AKAN EVALUASI PENANGANAN PENYEBARAN KASUS COVID-19 YANG KIAN MENINGKAT DI DKI BEBERAPA WAKTU TERAKHIR   KASUS COVID-19 MELONJAK, MENPAN RB: ATURAN KERJA BAGI ASN BELUM ADA PERUBAHAN   KEMENKEU: PERTUMBUHAN INVESTASI 2021 HARUS POSITIF PACU EKONOMI TUMBUH   KEMENTERIAN PUPR SEBUT PEMBANGUNAN RUSUN BAGI MAHASISWA MERUPAKAN UPAYA UNTUK BANTU TINGKATKAN KEUNGGULAN SDM   PEMERINTAH TARGETKAN 4 JUTA RUMAH TANGGA TERSAMBUNG JARINGAN GAS BUMI PADA 2024   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO: PEMERINTAH TERUS BERUPAYA OPTIMALKAN SUMBER ENERGI DALAM NEGERI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA UMKM UTAMAKAN PENJUALAN PRODUK BUATAN DALAM NEGERI   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP SELURUH WILAYAH DI INDONESIA TERJANGKAU INTERNET PADA 2023   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: APA PUN VARIAN VIRUS KORONA YANG PERLU DILAKUKAN PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN   JUBIR SATGAS DEPOK: KETERISIAN RS DI DEPOK UNTUK PASIEN COVID-19 SUDAH 80 PERSEN   IDAI: KASUS TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 PADA ANAK USIA 0-18 TAHUN SEBESAR 12,5 PERSEN   PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA DI INDONESIA DORONG GEREJA TAHAN DIRI ADAKAN IBADAH DI TENGAH LONJAKAN COVID-19