Kompas TV religi beranda islami

Menjaga Toleransi - SAHUR TIME

Kompas.tv - 24 April 2021, 02:05 WIB
Penulis : Luthfan

Toleransi yang benar dalam Islam adalah bukan mendukung ajaran non Muslim, namun membiarkan dan tidak ikut campur pada ritual keagamaan mereka. Toleransi juga diartikan sebagai menghargai dan menghormati prinsip keyakinan non Muslim.

Kita mengenal prinsip “Lakum diinukum wa liya diin” yang memiliki arti “Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.” (Surat Al-Kafirun ayat 6).

Selain itu, menjaga toleransi diartikan sebagai berbuat baik dengan non Muslim dalam sifat kemanusiaan, seperti menjenguk tetangga atau kerabat yang sedang sakit, jangan tanya agamanya. Islam mengajarkan menolong siapapun, baik orang miskin maupun orang yang sakit.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Menolong orang sakit yang masih hidup akan mendapatkan ganjaran pahala.” (HR. Bukhari no. 2363 dan Muslim no. 2244).

Islam juga mengajarkan untuk tetap menjalin hubungan kerabat dengan orang tua atau saudara non Muslim. Allah Ta’ala berfirman : “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik.” (QS. Luqman: 15).

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x