Kompas TV nasional update

Australia Tawarkan Bantuan Cari KRI Nanggala 402: Kami Berikan Apapun yang Kami Bisa

Jumat, 23 April 2021 | 04:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tawaran bantuan datang dari pemerintah Australia. 

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, menyatakan pencarian kapal selam Indonesia Nanggala-402 akan difokuskan disekitar ditemukannya tumpahan minyak.

“Australia telah melakukan kontak dengan Menteri (Pertahanan Indonesia) Prabowo melalui Menteri Pertahanan (Australia) (Peter) Dutton bahwa kami akan memberikan bantuan apa pun yang kami bisa. Tidak diragukan lagi bahwa pencarian dan penyelamatan kapal selam sangat kompleks. Ini bukan kapal selam yang dioperasikan Australia, kelas kapal selam kami sangat berbeda. Tapi apa pun yang dapat kami lakukan, kami berjanji melakukannya.” ujar Marise Payne.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono mengatakan oksigen di dalam kapal selam kri nanggala bisa bertahan hingga hari Sabtu atau selama 72 jam.

KSAL turut menjelaskan soal temuan tumpahan minyak di lokasi kapal hilang kontak. 

Ada dugaan kru membuang persediaan minyak agar kapal selam bisa mengapung.

Di sisi lain, Panglima TNI Marsekal Hadi Cahyanto menyebut pencarian kapal selam nanggala akan dibantu oleh negara lain seperti Singapura, Malaysia, dan Australia.

Panglima berharap upaya pencarian segera membuahkan hasil demi menyelamatkan kru di dalam kapal.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:41
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT