Kompas TV tekno aplikasi

Aplikasi Muslim "KESAN" Rilis Fitur Tanya Kiai, Bisa Konsultasi Agama Langsung ke Ahlinya

Kompas.tv - 23 April 2021, 07:30 WIB
aplikasi-muslim-kesan-rilis-fitur-tanya-kiai-bisa-konsultasi-agama-langsung-ke-ahlinya
Ilustrasi aplikasi puasa Ramadhan 2021. Aplikasi KESAN hadirkan fitur Tanya Kiai untuk berkonsultasi seputar agama secara online. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aplikasi Muslim bernama "KESAN" merilis fitur baru bertajuk “Tanya Kiai”. Fitur baru ini diluncurkan untuk menanggapi tingginya minat bertanya masyarakat Muslim di bulan Ramadan.

CEO KESAN, Hamdan Hamedan, mengatakan bahwa fitur baru ini terinspirasi dari kultur Islam yang mengajarkan umatnya untuk bertanya kepada ahlinya jika tidak tahu akan suatu persoalan.

“Islam mengajarkan kita untuk bertanya kepada ahlinya jika kita tidak tahu,” kata Hamdan, dikutip dari Tribun Techno, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga: Bulan Suci Ramadan, Raja Yordania Bebaskan 16 Pejabat yang Ditahan Terkait Tuduhan Konspirasi

Hal ini sebagaimana termaktub dalam surat An-Nahl ayat 43, yang artinya:

"Maka bertanyalah kepada orang yang berpengetahuan (berilmu) jika kamu tidak mengetahui." 

Fitur Tanya Kiai ini, kata Hamdan, memungkinkan penggunanya untuk berkonsultasi seputar Islam kepada ahlinya secara langsung.

Pihaknya telah menyediakan puluhan Kiai dan Nyai kompeten dari berbagai bidang, mulai dari Al-Qur’an, Hadis, Fikih Umum, Fikih Ekonomi, Fikih Keluarga, hingga persoalan Waris.

Pengguna yang ingin bertanya dapat menggunakan fitur Tanya Kiai ini secara praktis dan nyaman. Bahkan, jika pengguna tidak ingin diketahui identitasnya, Tanya Kiai menyediakan pilihan anonim.

“Bahkan mereka bisa memilih anonim agar lebih nyaman dalam bertanya,” imbuh Hamdan.

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Membuka Warung Makanan Siang Hari di Bulan Ramadan?

Menanggapi hadirnya fitur Tanya Kiai di aplikasi "KESAN", Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur, Ma’ruf Khozin, mengapresiasi niat baik pihak "KESAN" melalui fitur baru ini.

“Jika manusia sakit fisik, maka bertanyanya ke dokter. Dan jika ada masalah batin atau soal-soal agama, maka bertanyanya ke ulama. Fitur Tanya Kiai ini dapat memudahkan umat bertanya kepada ulama yang tepat,” tutur Ma’ruf.

Untuk menggunakan fitur Tanya Kiai, pengguna cukup memilih menu Tanya Kiai pada menu bagian bawah. Kemudian klik menu 'Tanya Kiai'. Di sana, akan ditampilkan daftar Kiai dan Nyai beserta bidang yang ingin ditanyakan. Pilih 'Chat' dan mulailah berkonsultasi.

Baca Juga: Menjaga Kerukunan, Umat Katolik Sediakan Buka Puasa Gratis Selama Ramadan

Berdasarkan pantauan Kompas.tv, aplikasi "KESAN" ini dapat diunduh di Play Store. Hingga Jumat (23/4/2021), aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 ribu lebih.

Sebelum hadirnya fitur Tanya Kiai, "KESAN" memiliki berbagai fitur lain yang memudahkan penggunanya untuk beribadah, seperti membaca dan mendengarkan Al-Qur’an, fitur doa dan penjelasannya, zikir dan selawat, fitur arah kiblat, jadwal salat wajib dan sunah, koleksi kitab kuning dan klasik, hingga kalender hijriah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x