Kompas TV internasional kompas dunia

Jutaan Rakyat Myanmar Terancam Kelaparan di Tengah Krisis yang Makin Parah

Kompas.tv - 22 April 2021, 16:37 WIB
jutaan-rakyat-myanmar-terancam-kelaparan-di-tengah-krisis-yang-makin-parah
Penduduk desa etnis Karen yang mengungsi dari desa Day Pu Noh Myanmar terlihat di lokasi yang tidak diketahui di negara bagian Karen, setelah melarikan diri dari serangan udara tentara Myanmar 27 Maret 2021 dalam gambar yang diperoleh dari media sosial (Sumber: Free Burma Rangers)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

NAYPYIDAW, KOMPAS.TV - Belum lepas dari koflik akibat kudeta militer, kini jutaan rakyat Myanmar mesti menyiapkan diri terhadap potensi kelaparan yang akan melanda negaranya.

Kewaspadaan akan rawannya bahan pangan di Myanmar ini seakan menysul krisis ekonomi yang tak berkesudahan semenjak junta militer mengambil alih kekuasaan.

Baca Juga: Uni Eropa Perluas Sanksi Atas Junta Militer Myanmar Menjelang KTT ASEAN

Mengutip dari Kompas.com, Kamis (22/4/2021), sebuah laporan yang disampaikan oleh Program Pangan Dunia (WFP) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ada sekitar 3,4 juta penduduk Myanmar terdampak krisis kelaparan.

Diprediksi, selama tiga hingga enam bulan ke depan, mereka akan kesulitan mendapatkan makanan.

Terutama yang berada di daerah perkotaan, di mana banyak lapangan perkerjaan di bidang manufaktur, konstruksi, dan jasa akan menghilang.

Baca Juga: Sekjen PBB Desak Para Pemimpin Negara ASEAN: Tingkatkan Upaya Cari Solusi Damai di Krisis Myanmar

"Semakin banyak orang miskin kehilangan pekerjaan dan tidak mampu membeli makanan," kata Direktur WFP di Myanmar, Stephen Anderson.

"Respons bersama diperlukan sekarang untuk meringankan penderitaan segera, dan untuk mencegah kemerosotan yang mengkhawatirkan dalam keamanan pangan," sambung Anderson.

WFP menambahkan, harga beras dan minyak goreng di pasaran telah naik masing-masing sebesar lima persen dan 18 persen sejak akhir Februari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.