Kompas TV nasional hukum

Sidang Lanjutan Kasus Kerumunan, Saksi Sebut Rizieq Ajak Ulama Hadiri Pernikahan Putrinya

Kompas.tv - 22 April 2021, 13:21 WIB
sidang-lanjutan-kasus-kerumunan-saksi-sebut-rizieq-ajak-ulama-hadiri-pernikahan-putrinya
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur melanjutkan sidang kasus kerumunan yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor dengan terdakwa Rizieq pada hari ini, Senin (19/4/2021). (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang lanjutan kasus kerumunan massa yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat, dan Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor, dengan terdakwa Rizieq Shihab dilanjutkan hari ini, Kamis (22/4/2021) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Agenda sidang hari ini pemeriksaan saksi dari jaksa penuntut umum (JPU). 

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin turut memberikan kesaksiannya siang ini.

Arifin menjelaskan proses pembayaran denda administratif Rp 50 juta kepada pihak Rizieq Shihab, setelah acara yang menimbulkan kerumunan di Petamburan, 14 November 2020. 

Pihak Rizieq didenda berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79 Tahun 2020 dan Nomor 80 Tahun 2020. 

"Hasil dari pembahasan pada Minggu (15/11/2020) pagi, acara menimbulkan adanya pelanggaran protokol kesehatan," kata Arifin kepada jaksa.

Pihak Satpol PP DKI Jakarta kemudian mendatangi kediaman Rizieq di Petamburan guna mengirimkan surat pemberitahuan bahwa kegiatan (peringatan) Maulid Nabi Muhammad dan kegiatan pernikahan itu melanggar protokol kesehatan dan akan dikenakan sanksi denda administratif.

"Kami sampaikan surat pemberitahuan itu yang saya tandatangani bahwa dikenakan denda Rp 50 juta dan kemudian denda itu telah dibayarkan," kata Arifin. 

Baca Juga: Kesaksian Lurah Petamburan di Sidang Rizieq Shihab: Panitia Acara Minta Izin Blokir Jalan

Selain Arifin, Kapolsek Tebet Kompol Budi Cahyono juga menjadi saksi siang ini.

Budi mengungkapkan, Rizieq Shihab mengajak habib dan ulama untuk menghadiri acara pernikahan putrinya dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan. 

Ajakan itu disampaikan Rizieq setelah berceramah dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet pada Jumat (13/11/2020). 

"Beliau ada ajakan bahwa 'para habaib ulama semua yang ada di sini saya akan mengadakan, besok malam saya akan mengadakan Maulid Nabi Muhamamd 1442 Hijriah dan saya akan menikahkan putri kami yang keempat'," kata Budi meniru ucapan Rizeq. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x