Kompas TV regional berita daerah

Jaga Stok Darah Selama Ramadan, PMI Gelar Donor Darah Keliling

Kompas.tv - 22 April 2021, 11:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Untuk memenuhi kebutuhan darah selama Ramadan dan Lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember Jawa Timur menggelar donor darah keliling ke desa-desa. Donor darah digelar pada malam hari, mengingat di siang hari, banyak warga berpuasa.

Donor darah keliling salah satunya digelar di Kantor Desa Karangduren, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. Donor darah digelar pada malam hari karena sedang berada di bulan Ramadan, dimana umat muslim sedang puasa di siang hari.

Baca Juga: Ramadan, Stok Darah di PMI Jateng Menurun

Selain di kantor desa, donor darah juga digelar di masjid yang menjadi tempat salat tarawih dan tempat keramaian lainnya.

Ketua Palang Merah Indonesia Jember, Zaenal Marzuki mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan untuk menjaga ketersediaan darah selama Ramadan dan Lebaran.

“Kebutuhan darah selama Ramadan dan Lebaran kali ini diperkirakan mencapai 6000 kantong darah. PMI Jember tidak hanya menyediakan darah untuk Jember saja, namun juga untuk Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi,” ujar Zaenal Marzuki.

Bagi warga yang akan donor tidak perlu khawatir, karena donor darah di bulan Ramadan tidak berbahaya dan tidak mengganggu kesehatan, bahkan dapat membantu kondisi tubuh.

Baca Juga: Donor Darah Bisa Malam Hari, Pendonor Juga Dapat Bingkisan Bahan Pokok dari PMI Banjarmasin

Petugas PMI juga telah menyiapkan tim medis untuk memeriksa terlebih dahulu kondisi kesehatan calon pendonor, jika dinyatakan memenuhi syarat, maka diperbolehkan donor.

 

#StokDarah #KantongDarah #PalangMerahIndonesia #DonorDarahKeliling #Ramadan #Lebaran

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x