Kompas TV video cerita indonesia

Es Pleret Kurma Menu Unik Cocok untuk Buka Puasa

Kompas.tv - 22 April 2021, 09:31 WIB
Penulis : Herwanto

BLITAR, KOMPAS.TV - Untuk mengenalkan minuman tradisional kepada anak muda, sebuah kafe di Kota Blitar Jawa Timur membuat menu takjil, yakni es pleret kurma. Perpaduan gurihnya pleret dan manisnya kurma membuat kuliner itu menjadi menu andalan buka puasa.

Es pleret adalah minuman tradisional khas Kota Blitar Jawa Timur. Semakin lama, semakin sulit dijumpai keberadaan es pleret, karena berkurangnya minat konsumsi warga, terutama anak muda.

Berawal dari situlah, kafe friend reborn di Kota Blitar berinisiatif membuat menu minuman tradisional, yakni es pleret kurma. Minuman itu tidak jauh berbeda dengan es pleret pada umumnya, hanya saja cairan gula diganti dengan kurma sebagai pemanisnya.

Selain lebih segar, penggunaan buah kurma sebagai pemanis alami, juga lebih menyehatkan. Pemilik kafe juga mengganti santan dengan susu segar agar lebih sehat dan nikmat.

Rasa gurih pleret yang terbuat dari tepung kanji berpadu dengan manis buah kurma membuat minuman ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Kesegaran susu sebagai pengganti santan juga menambah rasa nikmat es pleret kurma.

Harga es pleret kurma ramah di kantong, satu gelas es pleret kurma dijual dengan harga 8.000 rupiah saja. Kini minuman tradisional itu menjadi andalan menu berbuka puasa yang digemari anak muda.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x