Kompas TV religi beranda islami

Keutamaan Shalat Malam

Kompas.tv - 22 April 2021, 06:17 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Dalam Al Quran dan Hadits Allah azza wa jalla dan Nabi Shalallahu'alaihi wa sallam banyak menjelaskan mengenai besarnya pahala shalat malam. Bahkan disebutkan bahwa shalat yang paling baik setelah shalat wajib adalah shalat malam.

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.” HR. Muslim, kitab ash-Shiyaam bab Fadhli Shaumil Mu-harram, (no. 1163)
 

Disamping itu terdapat perintah agar Nabi Shalallahu'alaihi wa sallam melaksanakan shalat malam,

“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” [Al-Israa’/17: 79]

 

“Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [Al-Insaan/76: 25-26].

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga memuji para hamba-Nya yang shalih yang senantiasa melakukan shalat malam dan bertahajjud,


“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkah-kan sebagian dari rizki yang Kami berikan ke-pada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” [As-Sajdah/32: 16-17]

 

Wallahu'alam bis shawab


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x