Kompas TV internasional kompas dunia

Lebih Dari 1.000 Orang Ditangkap Dalam Demonstrasi Serukan Pembebasan Navalny

Kamis, 22 April 2021 | 04:30 WIB
lebih-dari-1-000-orang-ditangkap-dalam-demonstrasi-serukan-pembebasan-navalny
Polisi menangkap seorang demonstran pendukung pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny di St Petersburg, Rusia, Rabu (21/4/2021). (Sumber: AP Photo/Dmitri Lovetsky)

MOSKOW, KOMPAS.TV – Lebih dari 1.000 orang ditangkap dalam demonstrasi besar-besaran yang digelar di kota-kota besar di Rusia pada Rabu (21/4/2021). Sejumlah orang bahkan ditangkap sebelum aksi demonstrasi berlangsung, termasuk dua orang sekutu dekat Navalny. Aksi demonstrasi itu menuntut pembebasan pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny yang dipenjara.

Sebelumnya, tim Navalny telah menyerukan aksi demonstrasi besar-besaran, menyusul kondisi kesehatan Navalny di penjara yang dilaporkan terus menurun setelah melakukan aksi mogok makan lebih dari tiga pekan lalu.

“Kondisi Navalny kritis, jadi kami serukan untuk menggelar aksi massa,” kata Vladimir Ashurkov, sekutu dekat Navalny dan direktur eksekutif Badan Pemberantasan Korupsi seperti dilansir dari The Associated Press, Rabu (21/4/2021). “Kesehatan Navalny menurun drastis, dan kini ia berada dalam kondisi kritis. Menurut dokter yang menilai hasil tes kesehatannya, ia seharusnya dirawat di unit perawatan intensif.”

Baca Juga: Kemungkinan di Ambang Kematian, Navalny Dipindahkan ke Rumah Sakit Penjara

Semula, aksi demonstrasi besar-besaran itu rencananya digelar di Lapangan Manezh di luar tembok Kremlin, namun polisi telah menutup akses ke lapangan tersebut. Massa yang sebelumnya berkumpul di depan Perpustakaan Negara Rusia dan Jalan Tverskaya, jalan utama menuju Lapangan Manezh, akhirnya bergerak di jalan-jalan.

Di St Petersburg, polisi juga menutup akses menuju Lapangan Istana di depan Museum Hermitage, hingga massa pun berkumpul di Nexsky Prospekt.

Baca Juga: Navalny Makin Kritis Akibat Mogok Makan, Timnya Serukan Demonstrasi Besar-besaran Hari Rabu

Perkiraan jumlah massa dalam aksi demontrasi menuntut pembebasan Navalny, menuai beragam klaim. Polisi Moskow menyebut sekitar 6.000 orang, sementara seorang pengamat menyebut, massa demonstran berjumlah sekitar 60.000.

Ribuan massa berdemonstrasi menuntut pembebasan Navalny di St Petersburg, Rusia, Rabu (21/4/2021). (Sumber: AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Sebanyak 1.004 orang di 82 kota di seluruh Rusia telah ditangkap menyusul aksi demonstrasi itu.

Aksi demonstrasi besar-besaran ini berlangsung bersamaan dengan pidato kenegaraan tahunan Presiden Vladimir Putin. Dalam pidatonya, Putin mengecam sejumlah pemerintah asing yang berupaya mencampuri urusan Rusia. Putin, yang tak pernah menyebut nama Navalny di depan publik, tidak merinci pihak mana yang dimaksudkannya. Namun, pemerintah Barat telah mengkritik keras perlakuan terhadap Navalny dan meminta pembebasannya.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19