Kompas TV tekno aplikasi

Fitur Baru Google Assistant Bisa Lacak iPhone Hilang

Kompas.tv - 21 April 2021, 22:01 WIB
fitur-baru-google-assistant-bisa-lacak-iphone-hilang
Ilustrasi Google Assistant (Sumber: Arstechnica.com)
Penulis : Gempita Surya | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Google Assistant versi iOS kini punya fitur baru untuk melacak perangkat iOS yang hilang.

Sebelumnya, fitur untuk melacak perangkat sudah hadir terlebih dulu di Google Assistant versi Android.

Update terbaru dari Google memberikan kemampuan bagi layanan asisten virtual ini untuk menjalankan perintah pelacakan perangkat yang hilang seperti iPhone.

Fitur baru ini sejatinya dirilis untuk memudahkan pengguna smart-home yang memiliki speaker cerdas berbasis Google Assistant dan aplikasi Google Home.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memberikan perintah kepada Google Assistant untuk dapat melacak keberadaan perangkat ponsel ketika pengguna lupa meletakkan di mana ponsel mereka.

Baca Juga: Google Stack, Aplikasi Pemindai Dokumen yang Andalkan Kecerdasan Buatan

Fitur pelacakan perangkat hilang sebenarnya sudah dimiliki Apple lewat layanan "Find My iPhone".

Untuk menjalankan fitur ini, pengguna cukup menekan dan menahan tombol home di perangkat mereka hingga muncul titik-titik warna-warni di bagian bawah layar, kemudian ucapkan kalimat "Hey Google, Find My Phone".

Notifikasi khusus akan dikirimkan Google ke perangkat yang dicari meskipun perangkat diatur ke dalam mode silent, mode getar, atau don't disturb.

Ketika indikator perangkat berbunyi, pengguna bisa langsung mencari sumber bunyi, untuk menemukan perangkat yang hilang atau terselip.

Baca Juga: Google Meet di iOS Dukung Grid View, Segera di Android

Fitur ini sejatinya berfungsi untuk memantulkan sinyal ke ponsel agar perangkat yang hilang dengan jarak yang cukup jauh dapat terdeteksi secara akurat.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna perlu mengisi beberapa opsi seperti lokasi, nomor telepon, serta informasi lainnya yang bersangkutan dengan perangkat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.