Kompas TV olahraga kompas sport

Multifungsi Jakarta International Stadium: Markas Tiap Klub, Konser Musik, hingga Piala Dunia

Kompas.tv - 21 April 2021, 19:58 WIB
multifungsi-jakarta-international-stadium-markas-tiap-klub-konser-musik-hingga-piala-dunia
Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta International Stadium (JIS) nantinya akan terbuka untuk publik. Stadion yang didesain dapat menampung 82.000 penonton ini selain jadi home base klub sepakbola, juga dapat digunakan untuk penyelengaraan pameran, konser musik, hingga Piala Dunia.

Baca Juga: Stadion Maguwoharjo Venue Semifinal Piala Menpora, BCS Minta Sleman Fans Tetap Nonton dari Rumah

Stadion yang masih dalam tahap pembangunan ini rencana mulai dapat digunakan pada Juli nanti. Dirancang dengan konsep Stadion Kita, artinya klub bola baik dari Jakarta, luar Jakarta, hingga luar negeri dapat menjadikannya sebagai markas.

"Fokus kita saat ini adalah fase persiapan serah terima lapangan latih JIS dari kontraktor kepada pemberi kerja dan didahului dengan pemeriksaan pekerjaan lebih dulu," kata Melisa dilansir dari laman Kompas.com, Rabu (21/4/2021).

Melisa menambahkan, JIS dirancang dengan memiliki ragam fungsi. Mulai dari pertandingan olah raga, penyelenggaraan pameran, hingga konser musik. Guna menunjang fungsi tersebut, JIS akan dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka-tutup (retractable roof).

Stadion ini dibangun dengan bahan utama rangka baja yang disambung menggunakan sistem space frame atau struktur sambungan baja dengan rongga-rongga yang terhubung ke atap utama stadion.

Acuan dalam rancangan pembangunan JIS ini mengikuti standar internasional. Tujuannya agar bisa dipakai saat pelaksanaan piala dunia serta dapat menjadi stadion terbesar di Indonesia.

Fasilitas yang tersedia di stadion ini, antara lain lapangan latih, ritel food and beverage, plaza, serta fasilitas penonton kelas mewah. 

Baca Juga: Punya Rivalitas Tinggi, Ketum PSSI Tak Khawatir Persija Bentrok dengan Persib di Final Piala Menpora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x