Kompas TV nasional peristiwa

Di Hari Kartini, Ketua DPR Ingin Memajukan Budaya Literasi

Kompas.tv - 21 April 2021, 12:50 WIB
di-hari-kartini-ketua-dpr-ingin-memajukan-budaya-literasi
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua DPR RI  Puan Maharani menyampaikan pentingnya menumbuhkan budaya literasi seperti yang dibawakan oleh pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini. 

 “Jika R.A. Kartini tidak memiliki kemampuan literasi, maka tidak akan ada buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang' yang isinya sudah menginspirasi banyak Kartini-Kartini lintas generasi hingga masa kini,” ungkap Puan  dalam talkshow memperingati Hari Kartini yang digelar secara virtual oleh Perpusnas, Selasa (20/4/2021).

Menurut  perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI ini, kemampuan literasi adalah kemampuan mendasar yang dapat menjadi pijakan bagi seseorang untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun bagi banyak orang.
 

Baca Juga: Puan Maharani Bersyukur Bertemu Ramadan Lagi: Jadikan Bulan Puasa untuk Introspeksi Diri

Puan melanjutkan, kemampuan literasi seperti membaca, menulis, serta mengolah dan memahami informasi, membuat seseorang bisa menyerap begitu banyak ilmu pengetahuan, bisa menuangkan gagasan dan berpikir kritis, serta memiliki keahlian problem solving.

 
“Jika kita ingin memajukan peradaban Indonesia, maka kita harus memajukan budaya literasi,” tegas Politisi PDI Perjuangan itu.

 
Dalam konteks menumbuh kuatkan budaya literasi itu, lanjut Puan, peran aktif perempuan Indonesia sangat menentukan. 

Khususnya dalam ruang lingkup yang penting, yaitu keluarga. Dimana, keluarga merupakan unit masyarakat yang terkecil tetapi berperan besar dalam kemajuan sebuah bangsa. Keluarga adalah titik awal kehidupan seseorang dimulai, dan peran perempuan sangat besar dalam keluarga.

Baca Juga: BNPT: Perempuan Lebih Rentan Terpapar Ideologi Radikalisme

“Tentunya kita ingin setiap anak Indonesia memiliki titik awal kehidupan yang baik. Nilai-nilai yang ditanamkan di dalam keluarga adalah nilai-nilai yang akan turut membimbing hidup seseorang sepanjang hidupnya,” ujar legislator dari daerah pemilihan Jawa Tengah V tersebut.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x