Kompas TV nasional berkas kompas

Kebijakan PPKM Skala Mikro, Efektifkah? BERKAS KOMPAS (2)

Kompas.tv - 21 April 2021, 09:46 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Beberapa waktu lalu, muncul video yang beredar di media sosial terkait ruang ICU salah satu RS di Jakarta yang mengalami penuruan jumlah pasien Covid-19.

Namun, hal tersebut dinilai tidak boleh membuat jumawa karena walauapun angka covid19 semakin menurun, tetapi pertambahannya masih terus terjadi dan tingkat kematian akibat covid19 pun masih tinggi. Bagaimana upaya negara mengatasi ini?

Kebijakan PPKM skala Mikro yang sudah dimulai sejak awal tahun ini dinilai sebagai salah satu faktor pendukung angka penularan Covid-19 menurun di Indonesia. Dengan keberhasilan itu, pemerintah melakukan penambahan wilayah yang diwajibkan mengikuti pemberlakuan PPKM skala Mikro ini.

Kelurahan Trirenggo, Bantul, Jogjakarta, menjadi salah satu wilayah percontohan penerapan PPKM Mikro. Di kelurahan ini didirikan shelter penampungan bagi para pasien Covid-19 yang tidak memiliki tempat isolasi mandiri. Lantas, bagaimana pelaksanaan PPKM mikro agar berjalan efektif menekan angka penularan Covid-19?

Program Vaksinasi  terus bergulir meski menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya terkait sasaran vaksinasi bagi warga lanjut usia yang masih kecil jumlahnya.  Tidak mudah membujuk dan mengedukasi warga lansia agar mau mengikuti program vaksinasi.

 Lurah pasar minggu, Jakarta Selatan, Gita Puspitasari terlibat langsung mendatangi warga lansia di wilayahnya agar mau divaksin.  Meski program vaksinasi terus berlangsung, penerapan protokol kesehatan tetap wajib untuk diterapkan. Tim Berkas Kompas juga memantau langsung bagaimana pelaksanaan protkol kesehatan di mayarakat.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x