Kompas TV nasional berkas kompas

Angka Penularan Covid Turun, Angka Kematian Makin Meningkat BERKAS KOMPAS (1)

Rabu, 21 April 2021 | 09:49 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Beberapa waktu lalu, muncul video yang beredar di media sosial terkait ruang ICU salah satu RS di Jakarta yang mengalami penuruan jumlah pasien Covid-19.

Namun, hal tersebut dinilai tidak boleh membuat jumawa karena walauapun angka covid19 semakin menurun, tetapi pertambahannya masih terus terjadi dan tingkat kematian akibat covid19 pun masih tinggi. Bagaimana upaya negara mengatasi ini?

Kebijakan PPKM skala Mikro yang sudah dimulai sejak awal tahun ini dinilai sebagai salah satu faktor pendukung angka penularan Covid-19 menurun di Indonesia. Dengan keberhasilan itu, pemerintah melakukan penambahan wilayah yang diwajibkan mengikuti pemberlakuan PPKM skala Mikro ini.

Kelurahan Trirenggo, Bantul, Jogjakarta, menjadi salah satu wilayah percontohan penerapan PPKM Mikro. Di kelurahan ini didirikan shelter penampungan bagi para pasien Covid-19 yang tidak memiliki tempat isolasi mandiri. Lantas, bagaimana pelaksanaan PPKM mikro agar berjalan efektif menekan angka penularan Covid-19?

Program Vaksinasi  terus bergulir meski menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya terkait sasaran vaksinasi bagi warga lanjut usia yang masih kecil jumlahnya.  Tidak mudah membujuk dan mengedukasi warga lansia agar mau mengikuti program vaksinasi.

 Lurah pasar minggu, Jakarta Selatan, Gita Puspitasari terlibat langsung mendatangi warga lansia di wilayahnya agar mau divaksin.  Meski program vaksinasi terus berlangsung, penerapan protokol kesehatan tetap wajib untuk diterapkan. Tim Berkas Kompas juga memantau langsung bagaimana pelaksanaan protkol kesehatan di mayarakat. 

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:38
KALAHKAN UKRAINA DI SEMIFINAL PIALA DUNIA PANAHAN, TIM PANAHAN INDONESIA REBUT SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO 2020   KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN   KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN   WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN   GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI   SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI   KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK   KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN   JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS   IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA   DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU   DINKES DKI: RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA