Kompas TV regional berita daerah

Jaring Pendonor Darah, PMI Jemput Bola ke Masjid

Selasa, 20 April 2021 | 17:30 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seperti yang terlihat di salah satu masjid di kelurahan pekajangan, Kabupaten Pekalongan. Banyak warga yang mengantri untuk bisa mendonorkan darahnya usai shalat tarawih.

Mobil donor darah ini setiap harinya bergerak dari satu masjid ke masjid lainnya untuk menjaring relawan pendonor. Sebelum memberikan darahnya para petugas memeriksa warga yang akan berdonor.

Salah seorang warga mengaku senang dengan adanya pelayanan donor darah mobile di bulan ramadhan. Apalagi dilaksanakan pada malam hari karena warga bisa berdonor usai berbuka puasa.
 

Sementara pengurus PMI Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko menjelaskan, di bulan ramadhan warga yang mendonorkan darahnya berkurang sampai 50 persen.

Penyebabnya masyarakat takut lemas apabila mendonorkan darahnya di siang hari saat berpuasa. Oleh karenanya, PMI melakukan kegiatan donor darah mobile setiap hari usai shalat tarawih. Warga juga diberi bingkisan usai memberikan darahnya di PMI mobile ini.

Rencananya donor darah mobile ini akan dilaksanakan sampai sehari jelang hari raya idul fitri dengan target 40 kantong tiap harinya. Berharap dengan adanya donor darah mobile, stok darah di PMI Kabupaten Pekalongan aman hingga tujuh hari setelah lebaran.

Penulis : KompasTV Pekalongan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:39
PENDAFTARAN NEW YORK MARATHON 2021 DIMULAI PADA 8 JUNI DENGAN MAKSIMAL 33.000 PESERTA   SRI SULTAN HB X: LAGU KEBANGSAAN "INDONESIA RAYA" HARUS DIPERDENGARKAN SETIAP PUKUL 10.00 WIB   SRI SULTAN HB X TERBITKAN EDARAN WAJIB KUMANDANGKAN LAGU KEBANGSAAN “INDONESIA RAYA” DI RUANG PUBLIK SETIAP HARI   KARO HUMAS KEMNAKER SEBUT PERMOHONAN PENGGUNAAN TKA MASIH DIHENTIKAN SEMENTARA   DITJEN PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DAN RISIKO SEBUT PEMERINTAH BERENCANA MENARIK UTANG RP 323,4 T PADA KUARTAL II-2021   DIRUT PERUM BULOG BUDI WASESO SEBUT BULOG PUNYA UTANG RP 14 T KEPADA BANK BUMN UNTUK CADANGAN BERAS PEMERINTAH   SEJUMLAH PERUSAHAAN DI JATIM MENCICIL THR AGAR KARYAWAN TIDAK MUDIK SESUAI INSTRUKSI PEMERINTAH   POLRES KLATEN, JATENG, TETAPKAN 5 TERSANGKA ATAS PERISTIWA MELEDAKNYA PETASAN YANG DIBAWA MENGGUNAKAN BALON UDARA   SEMUA TEMPAT WISATA DI KARAWANG DITUTUP SEMENTARA HINGGA 30 MEI 2021 GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   BARESKRIM POLRI MASIH PERBAIKI BERKAS PERKARA "UNLAWFULL KILLING" TERHADAP 4 ANGGOTA LASKAR FPI   OPERASIONAL MRT JAKARTA KEMBALI NORMAL SETELAH PERIODE LIBUR LEBARAN 12-16 MEI 2021   PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) SKALA MIKRO DI DKI JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 31 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI MINTA PEMDA TEKAN KETERISIAN RS RUJUKAN COVID-19 HINGGA DI BAWAH 50%   PRESIDEN JOKOWI: 15 PROVINSI MENGALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF COVID-19