Kompas TV video sinau

Apa Itu Bukit Algoritma yang Disebut Sebagai Silicon Valley-nya RI di Sukabumi?

Kompas.tv - 22 April 2021, 15:01 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bukit Algoritma disebut sebagai pusat riset teknologi yang lokasinya berada di Kawasan Cikidang Resort, Sukabumi, Jawa Barat. Bahkan Google Maps pun telah menandai titik lokasi Bukit Algoritma valley.

Rencananya pembangunan dari Bukit Algoritma ini akan dimulai pada bulan Mei 2021 mendatang. Proyek ini akan memakan biaya sebesar 18 triliun rupiah. Lalu akan ada apa saja di Bukit Algoritma?

Di Bukit Algoritma akan dibangun Brand Capital Indonesia atau kawasan pengembangan riset dan sumber daya manusia berbasis teknologi 4.0.

Di tanah seluas 888 hektare ini salah satunya akan dibangun kawasan energy terbarukan solar sel sebesar 1 giga watt. Akan ada pula pusat kajian kewilayahan eksplorasi ruang udara atau pembuatan drone untuk berbagai kepentingan.

Akan ada pula satelit telpon, pusat pembuatan alat kesehatan mandiri dan juga Nano Teknologi Center Nano Science dan Biologi Molekuler.

Bukit Algoritma ini rencananya akan mengadaptasi Silicon Valley yang ada di California, Amerika Serikat.

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.