Kompas TV klik360 cerita indonesia

KSAU Apresiasi Penerbang TNI AU yang Berhasil Uji Tembak Rudal Kh-29TE

Selasa, 20 April 2021 | 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mengapresiasi para penerbang TNI AU yang berhasil lakukan uji tembak peluru kendali (Rudal) Kh-29TE dari pesawat Sukhoi.

KSAU menyaksikan langsung uji penembakan melalui video telekonferensi dari Ruang Puskodalau Mabes AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).

Kasau berharap, uji penembakan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuan penerbang Sukhoi, dalam melaksanakan penembakan sasaran permukaan.

Dalam kegiatan tersebut, masing-masing pesawat SU-30MK2 membawa satu rudal Kh-29TE. 

Pesawat Take off dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan, dan langsung menuju sasaran di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

Selesai melakukan penembakan, pesawat selanjutnya kembali ke pangkalan atau return to base. 

Pesawat sempat melakukan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) dengan pesawat KC-130 Herkules Skadron Udara 32.

Kh-29TE merupakan jenis rudal udara ke permukaan atau Air to Surface Missile (ASM) buatan Rusia.

KH-29TE dirancang untuk menyerang sasaran permukaan baik di darat maupun di laut/air.

Rudal yang masuk kategori Smart Air to Ground ini dapat diluncurkan dari jarak jauh tanpa berada dalam jangkauan pertahanan udara target.

Rudal ini merupakan pengembangan dari Rudal KH-29T pada aspek jarak jangkau lebih jauh.

Rudal tersebut dilengkapi pelacak optik otomatis ke objek, yang dapat dipandu pilot dari dalam kokpit menggunakan TV pasif (passive TV guided).

Video Editor: Febi Ramdani

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:16
BMKG MEMPREDIKSI MAYORITAS WILAYAH JAKARTA CERAH BERAWAN PAGI HINGGA SIANG HARI INI   HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM BERADA DI ANGKA RP 937.000 PER GRAM PADA HARI INI   PEMUDIK BALIK DARI SUMATERA KE JAWA, MENHUB BUDI KARYA SUMADI TEGASKAN WAJIB PUNYA HASIL TES NEGATIF COVID-19   POLRI TETAP MELAKUKAN PENYEKATAN HINGGA 24 MEI MESKI OPERASI KETUPAT 2021 TELAH USAI PER 17 MEI 2021   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY PASTIKAN LARANGAN MUDIK TAK BERHASIL 100 PERSEN, TAPI BUKAN BERARTI GAGAL   SATGAS SEBUT SEBANYAK 20 PROVINSI DI INDONESIA ALAMI KENAIKAN ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19   ARUS BALIK LEBARAN, PEMPROV DKI IMBAU PENDATANG TAK MENGADU NASIB KE JAKARTA JIKA BELUM MEMILIKI PEKERJAAN    KECAMATAN PAMULANG JADI WILAYAH DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 TERBANYAK DI TANGSEL, YAKNI 2.365 KASUS    DINKES: HINGGA SAAT INI, MASIH ADA 100 PASIEN POSITIF COVID-19 DI TANGSEL YANG MENJALANI ISOLASI MANDIRI    ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19, PEMKAB SUKABUMI, JAWA BARAT, MENUTUP SELURUH OBYEK WISATA    MUI SERUKAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA MEMUTUSKAN HUBUNGAN DIPLOMATIK DAN DAGANG DENGAN ISRAEL    TIONGKOK BERSEDIA JADI TUAN RUMAH PEMBICARAAN ANTARA PERWAKILAN ISRAEL DAN PALESTINA    AMERIKA SERIKAT AKAN MEDIASI JIKA ISRAEL-PALESTINA MELAKUKAN GENCATAN SENJATA    INDONESIA MINTA NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM ATAU OKI BERSATU DUKUNG KEMERDEKAAN PALESTINA