Kompas TV internasional kompas dunia

Sekjen PBB Desak Para Pemimpin Negara ASEAN: Tingkatkan Upaya Cari Solusi Damai di Krisis Myanmar

Kompas.tv - 20 April 2021, 15:17 WIB
sekjen-pbb-desak-para-pemimpin-negara-asean-tingkatkan-upaya-cari-solusi-damai-di-krisis-myanmar
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan pidato pada KTT Ambisi Iklim di markas besar PBB di New York, pada 12 Desember 2020. (Sumber: Xinhua/PBB/Mark Garten)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres mendesak para pemimpin di Asia agar meningkatkan upaya untuk menemukan solusi damai bagi krisis di Myanmar.

Hal itu diungkapkan Guterres pada Senin kemarin, sebagaimana dilansir Xinhua, Selasa (20/04/2021).

Ia menyoroti peran penting Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam upaya menyelesaikan masalah tersebut.

Saat berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang kerja sama antara lembaga dunia dengan organisasi regional dan subregional, Guterres menggarisbawahi hubungan dengan ASEAN.

Guterres menekankan pentingnya peran blok itu dalam diplomasi, pencegahan konflik, dan pembangunan perdamaian.

"Saat ini, peran ASEAN lebih krusial dibanding sebelumnya. Karena kawasan ini menghadapi krisis mendesak di Myanmar," tutur Guterres.

"Dalam hal ini, kerja sama PBB dengan ASEAN menjadi sangat penting karena situasi (di Myanmar) membutuhkan respons internasional yang kuat dan didasarkan pada upaya regional terpadu," lanjutnya.

Guterres mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa Christine Schraner Burgener, utusan khususnya untuk Myanmar, masih berada di kawasan tersebut dan siap melanjutkan dialog dengan militer maupun pihak lainnya.

Baca Juga: Kementerian Luar Negeri Buka Suara Soal Kunjungan Pimpinan Junta Militer Myanmar ke Jakarta

Diskusi Dewan Keamanan PBB itu, yang digelar secara daring, dipusatkan pada isu yang menurut Guterres telah menjadi prioritas utama sejak dirinya mulai menjabat empat tahun lalu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.