Kompas TV video kamar rosi

Milenial Rentan Terpapar Radikalisme, Gus Miftah: Karena Salah Milih Guru dan Pengajian!

Kompas.tv - 20 April 2021, 13:13 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika ditanya tanggapannya mengenai generasi milenial yang disebut rentan terpapar radikalisme, Miftaim An'am alias Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah menyebut bahwa ada baiknya tiap-tiap orang mengikuti pendapat ahli.

Hal itu disampaikan oleh Gus Miftah dalam program Kamar Rosi yang tayang secara virtual di YouTube KompasTV, Jumat (16/4/2021).

"Ikutlah pendapat ahli. Jangan ikut-ikutan orang yang ahli berpendapat," ujar Gus Miftah. 

Baca Juga: Soal Seleb Pamer Harta Kekayaan di Medsos, Ini Kata Gus Miftah

Menurut Gus Miftah, keduanya memiliki makna yang berbeda satu sama lain.

"Kalau pendapat ahli tentunya dengan kapasitas keilmuan yang memadai, tapi kalau orang yang ahli berpendapat di medsos, semua orang bisa berpendapat, seolah semuanya jadi ahli berpendapat. Padahal, pendapatnya enggak benar," lanjutnya.

Lebih lanjut, Gus Miftah menegaskan bahwa mereka yang ingin berpendapat harus menjadi orang yang ahli, bukan ahli berpendapat.

"Kalau akhirnya kita tidak bisa menjadi orang yang ahli keilmuan, minimal mengikuti pendapat yang ahli. Kalau cuma orang ahli berpendapat, hari ini semua orang punya TV, hari ini semua orang punya medsos, tapi tidak bisa dipertanggungjawabkan kapasitas keilmuannya. Ini kan bahaya," kata Gus Miftah.

Baca Juga: Ramai Isu Raja Salman Bawa Eskalator karena Takut Riba, Gus Miftah: Gak Make Sense Banget!

Maka darinya, Gus Miftah mengajak agar kita semua berguru kepada guru yang benar.

"Ingat, ilmu itu tanpa guru, gurunya setan. Salah milih guru, gurunya mbah-nya setan. Bahkan saya punya bahasa yang lebih fenomenal. Apa? Orang yang salah pergaulan lebih gampang dinasihati daripada salah pengajian," kata Gus Miftah.

Gus Miftah bercerita bahwa justru lebih gampang menasihati anak-anak kelab malam maupun PSK hingga meninggalkan dunia malam.

Alhasil menurut Gus Miftah, banyak milenial mudah terpapar radikalisme karena salah milih guru dan pengajian, salah satu alasannya.

#KamarRosi #GusMiftah #Radikalisme



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.