Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Alami Diare Saat Puasa, Berikut Cara Mengatasi hingga Mencegahnya

Kompas.tv - 20 April 2021, 12:47 WIB
alami-diare-saat-puasa-berikut-cara-mengatasi-hingga-mencegahnya
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV - Diare, sama seperti penyakit lainnya, bisa datang tanpa kenal waktu. Saat Ramadan biasanya penyakit ini muncul karena seseorang tidak menerapkan pola makan yang baik ketika berbuka puasa dan santap sahur.

Perut yang terasa mulas, melilit, bahkan bisa menyebabkan kram perut ini tentu dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Bahkan, parahnya penyakit ini bisa juga memicu dehidrasi.

Baca Juga: Lansia Tetap Jalani Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan

Jika ternyata kamu sedang mengalami diare saat puasa, berikut cara untuk mengatasinya agar bisa sembuh dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Surabaya dan Alodokter.

1. Perbanyak Asupan Cairan

Asupan cairan sangat penting saat Anda mengalami diare. Pasalnya, diare rentan memicu dehidrasi. Untuk mencukupi asupan cairan, kita bisa mengonsumsi air putih atau larutan elektrolit.

Hindari mengonsumsi alkohol, soda, dan minuman berkafein saat berpuasa, karena bisa semakin memperparah dehidrasi.

2. Konsumsi Makanan Probiotik

Probiotik mengandung bakteri baik yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Bakteri baik juga berperan penting untuk melindungi usus dari infeksi.

Itu sebabnya, konsumsi makanan probiotik sangat dianjurkan karena dapat membantu mengatasi diare. Makanan probiotik yang bisa kita konsumsi, antara lain yogurt, tempe, acar, kimchi, dan kefir.

3. Hindari: Makanan Berminyak dan Sayur yang Bikin Kembung

Saat diare, sebaiknya konsumsi makanan rendah serat, seperti roti, pisang, atau kentang. Ketika diare, hindari makanan yang digoreng atau berminyak karena bisa memperburuk gejala.

Hindari sayur yang bisa memicu perut kembung, seperti kol, buncis, dan brokoli.

Selain perlu untuk segera diatasi, alangkah baiknya kita perlu catat beberapa langkah pencegahan agar penyakit ini tidak datang ketika sedang berpuasa.

Seringnya, diare disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh. Sehingga, kebersihan diri dan makanan yang akan dikonsumsi perlu kita perhatikan. Berikut tips untuh mencegahnya:

  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Memasak makanan sampai matang
  • Menjaga lingkungan agar bersih dan sehat
  • Menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat

Baca Juga: Kumpulan Doa Selama Bulan Ramadan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x