Kompas TV nasional peristiwa

Sesuai Kebiasaan Presiden Jokowi, Beredar Kabar Perombakan Kabinet Dilakukan Rabu

Selasa, 20 April 2021 | 06:33 WIB
sesuai-kebiasaan-presiden-jokowi-beredar-kabar-perombakan-kabinet-dilakukan-rabu
Presiden Jokowi bertolak ke Pacitan untuk meresmikan Bendungan Tukul. (Sumber: Dok Setpres)


JAKARTA, KOMPAS.TV- Isu perombakan kabinet terus bergulir. Bahkan, sebagian pihak  menyebut akan dilakukan Rabu.  Sebab berdasarkan pengalaman sebelumnya, Presiden Jokowi lebih banyak melakukan perombakan kabinet di hari Rabu. 

Politukus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Hakim menyebutkan kemungkinan tersebut berdasarkan pengalaman selama ini. 

"Mungkin menurut pendekatan spiritual tertentu perlu mempertimbangkan nama hari, misalkan Rabu seperti yang menjadi kebiasaan Pak Jokowi selama ini," kata Luqman, Senin (19/4/2021)

Baca Juga: Jokowi Belum Juga Umumkan Reshuffle Kabinet, Ngabalin: Memang Butuh Waktu


Informasi yang beredar ada sekitar 5 sampai 6 nama menteri yang bakal terkena perombakan kabinet. 

Menurut pengamat politik dari Indo Barometer Mohammad Qodari, politik itu dinamis. "Politik itu dinamis maupun orangnya. Pasti ada perencanaan (reshuffle kabinet) tetapi jumlah pastinya dinamis," katanya.

Setidaknya ada lima nama dan satu kepala badan  yang disebut-sebut akan terkena perombakan, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menristek Bambang Brodjonegoro, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan Kepala Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  Bahlil Lahadalia.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:10
MOTOGP STYRIA AKAN DIGELAR PADA 8 AGUSTUS 2021 TEPAT SEPEKAN SEBELUM MOTOGP AUSTRIA PADA 15 AGUSTUS 2021   MOTOGP 2021 BATAL BERLANGSUNG DI FINLANDIA KARENA PANDEMI DAN DIGANTIKAN OLEH MOTOGP STYRIA   SINGAPURA TERAPKAN "LOCKDOWN" PADA 16 MEI HINGGA PERTENGAHAN JUNI 2021   AS MULAI VAKSINASI ANAK USIA 12-15 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN PFIZER   SEBANYAK 21 KRU KAPAL NAVIGASI ADHARA YANG SANDAR DI PELABUHAN BINTAN POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KAPOLRES KEBUMEN AKBP PITER YANOTTAMA SEBUT KORBAN LEDAKAN PETASAN DI DESA NGABEAN MEMBUAT MERCON SAMBIL MEROKOK   POLRES KEBUMEN TEMUKAN UNSUR DUGAAN TINDAK PIDANA DALAM KASUS LEDAKAN PETASAN DI DESA NGABEAN   BPBD TANAH BUMBU, KALSEL: LEBIH DARI 2.500 RUMAH TANGGA DI TANAH BUMBU DAN HULU SUNGAI TENGAH TERDAMPAK BANJIR   OBYEK WISATA PANTAI DI PADANG DITUTUP SEMENTARA HINGGA 16 MEI 2021 GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   CANDI MUARO JAMBI DITUTUP SEMENTARA SAMPAI BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN   BUPATI NIAS BARAT KHENOKI WARUWU PASTIKAN TIDAK ADA KERUSAKAN AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,7   SAAT INI, PROGRES PEMBANGUNAN TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 1 SUDAH MENCAPAI 95,24%   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN UJI LAIK FUNGSI TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 1 PADA JUNI 2021   KASATGAS PENYELIDIK KPK HARUN AL RASYID SEBUT UKURAN PENILAIAN TWK TIDAK MASUK AKAL