Kompas TV nasional sosial

Awas! BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrim untuk 20 April 2021, Ada Pengaruh Typhoon Surigae

Selasa, 20 April 2021 | 03:10 WIB
awas-bmkg-beri-peringatan-dini-cuaca-ekstrim-untuk-20-april-2021-ada-pengaruh-typhoon-surigae
Ilustrasi hujan lebat disertai petir yang akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada Selasa (20/4/2021). (Sumber: Tribunnews.com)

SOLO, KOMPAS.TV- Untuk Selasa, 20 April 2021, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan infonya. BMKG menyebut adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang pada hari ini di sejumlah wilayah di Indonesia.

Melalui narasinya, BMKG menyatakan, Typhoon Surigae terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina, yang bergerak ke barat laut dengan kecepatan angin maksimum mencapai 115 kt dan tekanan minimum 900 hPa.

Sistem ini secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), yang memanjang dari pesisir barat Bengkulu hingga pesisir timur Riau.

Baca Juga: Waspada, BMKG Sebut Siklon Surigae Dapat Sebabkan Cuaca Ekstrem di 9 Provinsi Hari Ini

Melansir laman bmkg.go.id, Senin (19/4/2021), Typhoon Surigae juga menyebabkan pembentukan Low Level Jet (LLJ), yang memanjang di Samudera Pasifik timur Filipina.

Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem typhoon dan di sepanjang daerah konvergensi, serta peningkatan kecepatan angin (>25 kts) dan tinggi gelombang (>2,5 meter) di sekitar sistem siklon tropis dan di sepanjang LLJ tersebut.

Berikut info potensi cuaca di sejumlah daerah di Tanah Air:

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Akidah dan Akhlak - SAHUR TIME

Selasa, 20 April 2021 | 02:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:45
BNPB DUKUNG PEMPROV KEPRI TANGANI PEMULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG KEMBALI DARI SINGAPURA DAN MALAYSIA   PEMPROV KEPRI BENTUK SATGAS PENANGANAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG PULANG KE TANAH AIR MELALUI KOTA BATAM   PANDEMI COVID-19 BELUM BERAKHIR, GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR MINTA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DITUNDA   PANDEMI COVID-19, PEMKOT TANGERANG IMBAU WARGA HINGGA ASN TIDAK MUDIK LEBARAN   KOI AKAN GANDENG "INFLUENCER" UNTUK SEMARAKKAN SEKALIGUS DUKUNG PERJUANGAN TIMNAS DI OLIMPIADE TOKYO   MENKO PEREKONOMIAN PASTIKAN UPAYA PENANGANAN PANDEMI COVID-19 SUDAH SESUAI JALUR   KETUA DPD SEBUT PIHAKNYA TERUS DORONG LAHIRNYA KONGRES BUDAYA NASIONAL, SEBAGAI PELESTARIAN BUDAYA NUSANTARA   SOAL SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM), PEMPROV DKI TUNGGU ATURAN LEBIH LANJUT DARI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN   PEMPROV KALIMANTAN BARAT AKAN BERLAKUKAN PPKM MIKRO UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN PENULARAN COVID-19   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN KLAIM PPKM MIKRO TURUNKAN LAJU PENULARAN COVID-19   PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS MIKRO HINGGA 3 MEI 2021   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: MUDIK TIDAK BOLEH, WISATA DIPERBOLEHKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS: MUDIK HUKUMNYA SUNAH, TETAPI MENJAGA KESEHATAN ITU WAJIB   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS LARANG TAKBIR KELILING KARENA PICU KERUMUNAN